SOLOPOS.COM - Pelatih Juventus Andrea Pirlo bersama para pemainnya. (REUTERS/Massimo Pinca)

Solopos.com, TURIN — Andrea Pirlo menjalani laga perdananya bersama Juventus sebagai pelatih dengan penuh gaya setelah mengalahkan Sampdoria tiga gol tanpa balas di Allianz Stadium, Senin (21/9/2020) dini hari WIB.

Tak hanya sukses menang telak, Pirlo menawarkan pendekatan berbeda pada tim yang dinilai lebih menjanjikan ketimbang pelatih sebelumnya, Maurizio Sarri. Pirlo juga tak segan memercayai pemain baru macam Dejan Kulusevski dan Weston McKennie untuk langsung menjadi starter tim.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Kebingungan Bawa Jasad Rinaldi, Fajri Belajar Mutilasi Dari YouTube

Demikian halnya pemain Juventus U-23, Gianluca Frabotta, yang dipromosikan Pirlo untuk menjadi pemain inti di posisi full back kiri saat melawan Il Samp. Ketiganya tak canggung di laga debut mereka.

Kulusevksi bahkan sukses membayar kepercayaan dengan mencetak gol pembuka Juve di menit ke-13. Dua gol lain dicetak Leonardo Bonucci di menit ke-78 dan Cristiano Ronaldo dua menit jelang bubaran.

Pada laga kemarin, Juventus tampil apik dengan formasi 3-4-1-2, berbeda dengan musim lalu yang banyak memakai pola 4-3-3. Kerja sama lini serang Juventus, terutama Aaron Ramsey dan Ronaldo, tercatat empat kali membahayakan gawang Sampdoria, satu di antaranya berbuah gol ketiga Juventus.

Dominan

Bianconeri juga tak memberi banyak ruang pada Sampdoria untuk memberikan ancaman. Tim tamu hanya mampu sekali melepaskan tembakan ke gawang selama 90 menit dan hanya kebagian penguasaan bola 34%.

“Perbedaan besarnya adalah cara kami menyerang dalam pertandingan dan mengambil inisiatif, mencoba membawa pulang kemenangan. Melihat pekerjaan beberapa pekan terakhir dan pertandingan ini, kukira ini lebih baik,” ujar Bonucci dilansir Sky Sports Italia, Senin.

Begini Kondisi Terkini Pasar Cepogo Boyolali Usai Terbakar 3 Hari Lalu

Namun pendekatan baru ala Pirlo bukannya tanpa kelemahan. Tempo Juve sempat menurun setelah unggul dua gol. Il Samp pun hampir saja tiga kali menjebol gawang Wojciech Szczesny. Beruntung tidak ada peluang yang menemui sasaran.

Andrea Pirlo mengakui level kebugaran Juventus kurang optimal mengingat dia tak punya banyak waktu untuk mempersiapkan tim. “Perlu waktu agar kami bisa bermain bersama dengan beragam cara. Saya tak mau cuma meniru gaya main orang lain. Saya punya ide sendiri, dan ingin mengadaptasi tim-tim yang pernah menginspirasi saya,” ujar sang pelatih.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Kolombia Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Israel, Buntut Genosida di Gaza

Kolombia Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Israel, Buntut Genosida di Gaza
author
Newswire , 
Mariyana Ricky P.D Kamis, 2 Mei 2024 - 11:19 WIB
share
SOLOPOS.COM - Presiden Kolombia Gustavo Petro. (Istimewa/Wikimedia Common)

Solopos.com, BOGOTA — Presiden Kolombia Gustavo Petro menyatakan bahwa negaranya akan mengakhiri hubungan diplomatik dengan Israel, yang ia sebut melakukan genosida di Jalur Gaza, sejak 2 Mei 2024.

“Di depan kalian, pemerintahan perubahan, presiden republik, menyatakan bahwa mulai besok, kita putus hubungan diplomatik dengan Israel karena memiliki presiden yang mendukung genosida,” ucap Petro di hadapan demonstran di Bogota, Rabu (1/5/2024), dilansir Antara.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Pernyataan Petro yang disampaikan kepada demonstran yang berkumpul di lapangan Plaza de Bolivar, Bogota, disambut gemuruh sorak gembira demonstran yang ramai mengibarkan bendera Kolombia.

Petro, yang sebelumnya memang mengancam akan mengakhiri hubungan diplomatik negaranya dengan Israel, adalah salah satu dari 18 kepala negara yang menandatangani pernyataan yang diinisiasi Amerika Serikat untuk menuntut dibebaskannya 130 sandera Israel beberapa waktu lalu.

Koran Solopos

Sandera tersebut disebut masih berada di Jalur Gaza menyusul serbuan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023, yang direspons Israel dengan agresi darat besar-besaran ke daerah tersebut.

Pernyataan tersebut menuntut dibebaskannya semua sandera dan menyebut langkah tersebut akan mengakhiri semua bentuk pertempuran di Jalur Gaza.

Sudah lebih dari setengah tahun Israel melancarkan agresinya ke Jalur Gaza yang menyebabkan kehancuran infrastruktur skala besar dan tewasnya puluhan ribu warga sipil.

Emagazine Solopos

Lebih dari 34.500 warga Palestina terbunuh dan 76.000 lainnya cedera akibat serangan Israel sejak 7 Oktober 2023. Sebagian besar korban tewas adalah wanita dan anak-anak.

Israel juga memblokade total Jalur Gaza sehingga menyebabkan warga Palestina di kawasan tersebut, khususnya yang masih bertahan di Gaza bagian utara, terancam kelaparan akut.

Afrika Selatan pada Desember 2023 menggugat Israel ke Mahkamah Internasional (ICJ) atas tuduhan genosida. Putusan sementara ICJ Januari lalu menyatakan bahwa dugaan genosida yang dilakukan Israel di Jalur Gaza “beralasan”.

Interaktif Solopos

Pengadilan tersebut juga memerintahkan Tel Aviv mengambil langkah mencegah genosida dan menjamin bantuan kemanusiaan diterima masyarakat sipil di Jalur Gaza.

Kolombia, pada awal April 2024, secara resmi menyatakan bergabung dengan Afrika Selatan dalam perkara tersebut. Presiden Petro juga sebelumnya menangguhkan penjualan persenjataan kepada Israel.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

6 Event Unggulan Jateng Mei 2024, Ada Semarak Budaya Indonesia di Solo

6 Event Unggulan Jateng Mei 2024, Ada Semarak Budaya Indonesia di Solo
author
Ahmad Mufid Aryono Kamis, 2 Mei 2024 - 11:17 WIB
share
SOLOPOS.COM - Penari mementaskan tarian Gambang Semarang saat Festival Tari Gambang Semarang di Semarang, Jateng, Selasa (23/8/2016). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Solopos.com, SOLO–Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan enam event unggulan selama Mei 2024. Salah satunya festival tari di Balai Kota Solo.

Berdasarkan Jawa Tengah Calender of Event 2024, event unggulan Jateng diawali dengan Haul Sayyid Hamzah Syatho di Desa Sidorejo, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang, Jumat (3/5/2024).

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Sayyid Hamzah Syatho adalah tokoh pejuang agama Islam di wilayah Kecamatan Sedan yang berasal dari Makkah. Sayyid mempelopori pendirian masjid-masjid di Kecamatan Sedan, Karagan, Lasem, dan Rambang. Haul diselenggarakan setiap 23 Muharam.

Selanjutnya Semarang Night Carnival di sepanjang Jl Pemuda, Kota Semarang, Sabtu-Minggu (4-5/5/2024). Acara itu berupa pertunjukan seni, parade, dan karnaval kostum.

Koran Solopos

Semarang Night Carnival menghadirkan pengalaman keindahan seni dan budaya Semarang pada malam hari kepada pengunjung.

Kemudian Apitan di sebagian besar desa di Kabupaten Demak, Kamis-Jumat (9-31/5/2024). Tradisi tersebut biasa digelar pada bulan Dzulqodah pada kalender Hijriyah.

Apitan diisi dengan Khataman Al-Qur’an, pertunjukan wayang kulit, ketoprak, kesenian daerah lainnya. Acara itu juga menawarkan jajanan khas.

Emagazine Solopos

Berikutnya Semarak Budaya Indonesia di Balai Kota Solo, Jumat-Sabtu (10-11/5/2024). Festival tari sebagai wadah sanggar-sanggar seni di Indonesia untuk berjejaring.

Event lainnya berupa Haul Sunan Bonang di Desa Bonang, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Rabu (15/5/2024). Haul tersebut selalu digelar Rabu Pahing bulan Dzulqodah. Rangkaian acaranya berupa karnaval, doa bersama, pengajian umum, dan khataman Al-Qur’an.

Resik-resik Sendang Dewot dan Sendang Gading, di Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Sabtu-Minggu (18-19/5/2024).

Interaktif Solopos

Warga Desa Wonosoco menggelar tradisi kirab budaya resik-resik Sendang Dewot untuk menghargai keberadaan sendang sebagai mata air. Pelaksanaannya pada Sabtu Kliwon dan Minggu Legi di bulan Apit (Dzulqodah). Tradisi dimeriahkan dengan pertunjukan wayang klithik.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Polemik Sistem KomandanTe yang Dikeluhkan Kader Jateng, Ini Respon PDIP

Polemik Sistem KomandanTe yang Dikeluhkan Kader Jateng, Ini Respon PDIP
author
Mariyana Ricky P.D Kamis, 2 Mei 2024 - 11:11 WIB
share
SOLOPOS.COM - Bendahara DPD PDIP, Agustina Wilujeng, saat menghadiri acara Halal Bihalal Partai Politik se-Jawa Tengah di Hotel Padma Semarang, Rabu (1/5/2024) malam. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya buka suara mengenai polemik sistem KomandanTe yang ramai dikeluhkan puluhan calon legeslatif (caleg) di Jawa Tengah (Jateng).

Partai berlambang banteng moncong putih itu mengaku akan menghormati para caleg yang melakukan protes lewat jalur resmi.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Bendahara DPD PDIP, Agustina Wilujeng, mengatakan seluruh kader partai seharusnya sudah paham tentang sistem KomandanTe itu. Sebab, sistem tersebut sudah mulai di tingkat ketua cabang untuk sosialisasi pada 2021 lalu.

“Kemudian 2022, kami roadshow terkait KomandanTe untuk proses sosialisasi, pertengahan 2023 [sosialisasi] setiap KomandanTe per Dapil [daerah pemilihan]. Harusnya tiap orang pahami sistem itu [KomandanTe],” kata Agustina seusai acara Halal Bihalal Partai Politik se-Jawa Tengah di Hotel Padma Semarang, Rabu (1/5/2024) malam.

Koran Solopos

Kendati demikian, PDIP menghormati langkah kadernya yang saat ini tengah berjungan menggugat sistem KomandanTe Stesel yang sudah disepakati digunakan berdasarkan Peraturan Partai (PP) nomor 01 tahun 2023. Ia pun menyarankan, mekanisme tata cara gugatan terhadap keputusan partai ada di PP 03.

“[Masih ada yang protes?] Menurut saya namanya juga usaha, menowo barangkali [siapa tahu bisa]. Jadi silahkan pakai [PP 03]. Dan memang sistem ini [KomandanTe] ada berbagai macam kritikan, ya ayo kita perbaiki untuk proses ke depan, atau harusnya sebelum SK keluar, karena saat ini sudah sosialisasi dan dilakukan. Tetapi mari kita hargai mereka [caleg menggugat] yang berjuang, karena haknya. Maka silahkan mekanismenya dilakukan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah kader PDI Perjuangan atau PDIP yang tergabung dalam Bateng Suca Ludiro mengirimi karangan bunga ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng), Senin (29/4/2024).

Emagazine Solopos

Karangan bunga itu dikirim sebagai bentuk kekecewaan karena terganjal aturan sistem KomandanTe yang membuat para caleg gagal dilantik di DPRD.

Ketua organisasi Banteng Soca Ludiro, Wawan Mulung, membenarkan bila karangan bunga ini sebagai bentuk protes dari puluhan caleg PDIP di Jawa Tengah. Sebab, pemberlakuan sistem KomandanTe membuat para caleg gagal dilantik di 20 kabupaten/kota.

“Karena kalah di wilayah tempur, tapi menang by name (KPU). Bahkan ini ada kasus unik yang terjadi di Purwodadi, kami baru tahu, namanya caleg lolos secara komandanTe, lolos juga secara presentase, tapi suaranya digeser. Ini yang jadi polemik. Pokoknya banyak masalah lah [sisten komandanTe,” kata Wawan.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories