SOLOPOS.COM - Gianluigi Buffon/Reuters

Kabar pemain Gianluigi Buffon yang masih belum tergantikan di Italia, namun penerusnya sudah ada.

Solopos.com, MILAN – Gianluigi Buffon terus menjadi penjaga gawang Timnas Italia dalam satu dekade terakhir. Dia pun mengemban kapten tim dalam beberapa tahun terakhir.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Harus diakui, peran Buffon di bawah mistar gawang Gli Azzurri belum tergantikan. meski sudah berusia 38 tahun, Buffon masih tampil apik. Bahkan kiper Juventus itu baru saja mencatatkan rekor baru di Serie-A Italia yakni penjaga gawang terlama tak kebobolan.

Mengingat usianya yang sudah senja sebagai pesepak bola profesional, pertanyaan pun menyeruak mengenai siapa pengganti Buffon. Meski, Buffon sendiri masih ingin terus bermain hingga usia 40 tahun. Itu artinya dia masih akan berlaga di Piala Dunia 2018 nanti selain Piala Eropa 2016 yang digeber tak lama lagi.

Mantan kiper Timnas Italia, Gianluca Pagliuca, menyebut sosok pengganti Buffon pun sudah muncul. Pagliuca menilai kiper belia AC Milan, Gianluigi Donnarumma, adalah pemain yang tepat menggantikan posisi Buffon di Timnas Italia.

Donnarumma saat ini masih berusia 17 tahun. Dia juga baru menjalani debut di tim senior Milan musim ini. Meski begitu performanya sudah cukup mencuri perhatian. Tapi dia belum mencicipi seragam Timnas Senior Italia, meski sudah bermain di level U-15, U-17, dan U-21.

“Saya yakin, ketika Buffon gantung sepatu, penggantinya sudah ditemukan, dan itu adalah Gianluigi Donnarumma,” ujar Pagliuca seperti dikutip dari Sky Sports, Jumat (10/6/2016).

Bagi Pagliuca, Donnarumma mengingatkannya dengan kiper timnas Jerman saat ini, Manuel Neuer. Meski begitu, ia merasa bahwa Donnarumma punya beberapa kelebihan lain. “Dia bahkan punya respons yang lebih bagus dan secara teknis lebih kuat dari kiper Jerman itu,” imbuh Pagliuca.

Kendati sering mendapatkan pujian di Serie A, Donnarumma belum diberi kepercayaan untuk masuk ke timnas senior Italia. Untuk Piala Eropa 2016, pelatih Italia, Antonio Conte, memanggil Salvatore Sirigu (Paris Saint-Germain) dan Federico Marchetti (SS Lazio) sebagai pelapis Buffon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya