SOLOPOS.COM - Rio Haryanto (Detik)

Kabar pembalap Rio Haryanto yang mendapat tawaran sponsor dari Malaysia.

Solopos.com, JAKARTA – Pembalap Formula One asal Indonesia, Rio Haryanto, kabarnya mendapat tawaran sponsor dari Malaysia. Mengenai hal tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mengharapkan Indonesia lah yang seharusnya menjadi sponsor utama.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Seperti diketahui, Rio bergabung bersama Manor Racing untuk mengaspal di F1. Sebagao pay driver Rio harus menyetorkan sponsor senilai 15 juta euro atau setara dengan Rp225 miliar. Sejauh ini Rio sudah mendapat sponsor dari Pertamina. Kabarnya Rio masih punya kekurangan dana mencapai 9,75 juta euro (Rp144 miliar) untuk disetorkan ke Manor,

Di tengah upaya manajemen Rio mencari dana tambahan, muncul kabar pemerintah Malaysia akan menyuntikkan dana sebagai sponsor. Malaysia disebut ingin mencantumkan slogan kampanye pariwisata Visit Malaysia di mobil Rio.

Mendengar kabar tersebut, Menpora berharap publik dalam negeri tergerak membantu Rio. Selain akan mengajak masyarakat menggalang dana, Imam berharap BUMN dan sektor swasta bergegas memanfaatkan kesempatan mendukung Rio.

“Yang pasti kalau itu terjadi [Malaysia mensponsori Rio] tentu paling tidak saya yang akan galau, bersama BUMN dan pihak swasta nasional saya kira harus galau. Langkah konkretnya seperti sering saya sampaikan bahwa ini kesempatan emas bagi kita semua dan termasuk seluruh warga masyarakat untuk bersatu padu,” kata Imam seperti dikutip dari Detik.com, Kamis (25/2/2016).

“Oleh karena itu, saya sudah minta izin presiden untuk melakukan terobosan dari APBN, beliau memberikan lampu hijau asal itu sesuai dengan koridor hukum,” sambungnya.

“Yang kedua sebentar lagi akan kami gerakkan bagaimana ini menjadi suatu gerakan massal. Semua dari kita harus menyumbang, kita istilahkan Pundi untuk Rio. Saya terus akan mendorong pihak swasta nasional untuk memakai kesempatan ini. Yang Visit Malaysia sebisa mungkin jangan lah,” paparnya.

Imam menambahkan saat ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Arief Yahya, tengah mengkaji peluang Kemenpar mensponsori Rio. Dengan begitu, Kemenpar bisa mempromosikan slogan Wonderful Indonesia.

“Rio dengan ibunya pernah bertemu langsung, Pak Arief sedang mengkaji itu. Dalam waktu dekat ada kebijakan dari Pak Arief. Kalau muncul Wonderful Indonesia saya kira itu lebih cantik, lebih ciamik, dan kita akan lebih bangga lagi,” pungkas politikus PKB tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya