SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kabar petenis Maria Sharapova yang positif menggunakan doping.

Solopos.com, LOS ANGELES – Maria Sharapova mengaku gagal lolos tes doping pada Australia Terbuka lalu. Akibat positif doping itu, Sharapova harus rela ditinggal sponsor utamanya, Nike. Perusahaan asal Amerika Serikat itu memutuskan kontrak sementara.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Sharapova mengumumkan dirinya positif doping pada konferensi pers di Los Angeles, Amerika Serikat, Senin (7/3/2016) waktu setempat. Sharapova mengkonsumsi meldonium yang sebelumnya tak dilarang. Zat itu baru dilarang pada awal Januari 2016 kemarin.

Sharapova mengaku sudah mengkonsumsi meldonium sejak 2006 lalu. Dia mengaku tak mengetahui perubahan peraturan mengenai meldonium yang dilarang oleh WADA (Badan Anti Doping Dunia) dan ITF (Federasi Tenis Profesional) mulai 1 Januari 2016. Meski begitu, Sharapova mengakui dirinya melakukan kesalahan karena tidak membaca informasi kalau senyawa tersebut telah dilarang.

Akibat kegagalan lolos doping, pengumpul lima gelar Grand Slam itu diskors mulai 12 Maret 2016 dan terancam hukuman berat sampai empat tahun. Akibatnya, Nike pun memutuskan kontrak sementara.

“Kami sedih dan terkejut dengan berita soal Sharapova. Kami memutuskan untuk menghentikan hubungan dengan Maria sementara investigasi terus dilakukan. Kami akan terus memantau situasinya,” demikian pernyataan Nike seperti dilansir Reuters, yang dikutip Detik.com, Selasa (8/3/2016).

Sharapova saat ini masih terikat kontrak dengan Nike sampai 2018. Kesepakatan antara mereka, yang ditandatangani pada tahun 2010, bernilai US$70 juta atau sekitar Rp902 miliar. Nike merupakan pemasukan sponsorship terbesar Sharapova, dan Sharapova merupakan atlet wanita dengan kontrak terbesar yang dipunya Nike.

Menurut Forbes, di sepanjang tahun 2015 saja Sharapova berhasil meraup US$29,5 juta (Rp380,1 miliar) hanya dari kesepakatan dengan sponsor saja. Dengan wajah cantiknya dan prestasi di dunia tenis, Sharapova adalah salah satu figur olahraga paling menjual. Dia punya banyak kerjasama sponsor, di antaranya produk kecantikan Avon, Porsche, Tag Heuer, Evian dan beragam lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya