SOLOPOS.COM - Sebagian pemain Timnas U-23. Ilustrasi (JIBI/Dok)

Solopos.com, SEMARANG — Asa Timnas Indonesia U-23 tampil di ajang Piala Asia U-23 2022 pupus. Skuat Garuda Muda harus mengubur mimpinya setelah kalah dari Australia U-23 dalam laga kualifikasi Piala Asia U-23 yang digelar dua leg.

Pada laga leg pertama, timnas U-23 kalah dari Australia dengan skor 2-3 di Stadion Republican Central, Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021). Sedangkan di leg kedua, timnas U-23 kembali menelan kekalahan tipis 0-1 atas Australia dalam laga yang juga digelar di Tajikistan, Jumat (29/10/2021) malam.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Dalam laga Jumat malam yang disiarkan secara langsung SCTV, timnas U-23 sebenarnya tampil cukup apik. Skuat besutan Shin Tae-yong itu mampu memberikan perlawanan sengit kepada Australia yang lebih unggul dari segi teknik maupun fisik.

Baca juga: Timnas U-23 Dibekuk Australia, Begini Tanggapan Ketum PSSI

Meski demikian, Indonesia harus kecolongan di awal laga melalui gol Patrick Wood pada menit ke-9. Wood mencetak gol setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Indonesia yang diawali tendangan bebas.

Tertinggal 0-1, Witan Sulaeman dan kawan-kawan beraksi dengan lebih berani menyerang ke pertahanan Australia. Meski demikian, Australia tampil cukup tenang dan mampu berbalik menyerang.

Bahkan, Australia nyaris menggandakan keunggulan melalui Patrick Wood pada menit ke-26. Namun, upaya Patrick Wood itu masih mampu digagalkan kiper timnas U-23, Ernando Ari Sutaryadi.

Hingga babak pertama berakhir, keunggulang Australia belum tergoyahkan. Tim berjuluk Young Socceroos itu pun menutup laga babak pertama dengan skor 1-0.

Di babak kedua, Indonesia tampil lebih berani menyerang. Meski demikian, skuat Garuda Muda masih terlihat kesulitan membongkar pertahanan Australia.

Baca juga: Australia Vs Timnas Indonesia U-23 Disiarkan SCTV Malam Ini

Namun di babak kedua, Indonesia mampu menciptakan beberapa peluang. Salah satunya melalui pergerakan Witan Sulaeman di menit ke-75. Sayang, bola yang seharusnya dilepaskan langsung, oleh Witan dioper ke Bagus Khafi. Bola itu pun akhirnya mampu ditepis kiper Australia, Nicholas Suman.

Di ujung laga, Indonesia lagi-lagi membuat peluang emas. Namun dua kali sepakan pemain timnas U-23 di dalam kotak penalti Australia mampu diblok pemain lawan. Alhasil, hingga laga berakhir skor tak berubah. Indonesia kalah tipis dengan skor 0-1.

Kekalahan ini pun membuat timnas U-23 harus mengubur asa tampil di Piala Asia U-23 yang akan berlangsung di Uzbekistan, Januari 2022 nanti. Hal ini dikarenakan dalam laga dua leg Indonesia takluk dari Australia dengan agregat 2-4.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya