SOLOPOS.COM - Serena Williams dan Novak Djokovic memperoleh penghargaan. ist/Dok

Kaleidoskop tenis 2015 menyajikan Novak Djokovic dan Serene Williams yang mendominasi.

Solopos.com, SOLO – Novak Djokovic dan Serena Williams tampil apik sepanjang tahun 2015. Bisa dibilang keduanya mendominasi turnamen-turnamen yang digelar di musim ini.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Keduanya juga mencatatkan rekor menjadi petenis terlama yang menduduki posisi teratas ranking dunia. Djokovic tak tergeser di posisi pertama selama 142 pekan. Sedangkan Serena menjadi petenis nomor satu dunia selama 150 pekan.

Berikut beberapa momen terbaik tenis dunia yang dirangkum dalam kaleidoskop tenis 2015:

JANUARI

Roger Federer membuka musim 2015 dengan catatan yang luar biasa. Selain jadi juara Brisbane International, petenis Swiss ini menjadi petenis ketiga setelah Jimmy Connors dan Ivan Lendl yang meraih 1.000 kemenangan sepanjang sejarah.

Mantan petenis Li Na membawa kabar bahagia di Australian Open. Ia datang ke lapangan bukan untuk bermain melainkan mengumumkan soal kehamilannya yang pertama. Sejak memutuskan gantung raket, Li Na memang fokus dengan rumah tangga bersama suaminya, Jiang Shan.

FEBRUARI

Novak Djokovic menjadi juara Grand Slam Australia Open. Gelar tersebut menjadi koleksi trofi Australian Open kelima. Sebelumnya ia menang di musim 2008, 2011, 2012, dan 2013. Petenis Serbia itu menjadi orang pertama di era Open yang memenangi lima titel Australian Open. Sedangkan kejayaan Rafael Nadal di lapangan tanah liat runtuh. Rekor apiknya bisa tampil di semifinal turnamen arena jenis ini selama 12 tahun berakhir di Rio Open 2015.

MARET

Serena Williams mengakhiri boikot ajang Indian Wells Masters selama 14 tahun lantaran kasus rasisme yang diterimanya. Serena mencoba memaafkan insiden yang dialami keluarganya dengan kembali ke kejuaraan ini sejak musim 2001 silam. Hal ini berbeda dengan sang kakak, Venus Williams, yang memilih tetap memboikot kejuaraan ini.

APRIL

Novak Djokovic kembali mencetak rekor dengan menjadi salah satu petenis nomor satu dunia terlama. Petenis Serbia ini genap bertengger sebagai raja tenis dunia selama 142 pekan. Catatan ini menyalip rekor milik Rafael Nadal yang pernah berjaya selama 141 pekan. Ia berada dalam urutan keenam dan mengincar rekor milik John McEnroe yang pernah berkuasa di ranking teratas ATP selama 170 pekan.

JUNI

Rafael Nadal gagal mempertahankan gelar Grand Slam French Open untuk kali pertama dalam enam musim terakhir. Kegagalan ini membikin petenis berjuluk King of Clay itu harus rela peringkatnya anjlok ke nomor 10 dunia yang merupakan posisi terburuk dalam 10 musim terakhir.

Pada April 2005 silam, Nadal untuk kali pertama masuk ke jajaran top 10 dunia. Sejak saat itu Spaniard berusia 28 tahun tersebut paling sering berada di lima besar. Catatan ini jelas mencoreng prestasi apik yang ditorehkan Nadal selama 10 musim.

Serena Williams mencatat rekor anyar sebagai petenis  pengoleksi gelar grand slam terbanyak ketiga sepanjang masa. Ia merebut trofi grand slam ke-20 setelah mengalahkan Lucie Safarova di final French Open 2015. Nama Serena masuk daftar ketiga setelah Margaret Court (24 grand slam) dan Steffi Graf (22 grand slam).

SEPTEMBER

Novak Djokovic menjuarai US Open 2015 yang membikin koleksi titel grand slam menjadi 10. Total Djokovic meraih tiga gelar grand slam dari empat turnamen level grand slam yang digelar tahun ini.

Andy Murray sukses membawa Britania Raya melenggang ke final Davis Cup untuk kali pertama dalam 37 tahun terakhir. Penantian panjang ini berakhir setelah Murray dkk. menumbangkan Australia di semifinal zona World Group dengan skor akhir 3-2.

Flavia Pennetta mengakhiri perjuangan di Grand Slam US Open 2015 dengan hasil menakjubkan. Pennetta berhasil mengukuhkan diri sebagai petenis pertama Italia yang mampu menjuarai US Open. Ia memenangi perang saudara kontra Roberta Vinci di final dengan skor, 7-6, 6-2.

NOVEMBER

Agnieszka Radwanska mengklaim gelar juara WTA Finals 2015 setelah menundukkan Petra Kvitova, tiga set, 6-2, 4-6, 6-3. Radwanska berjaya untuk kali pertama dalam tujuh kali penampilan di ajang ini.

DESEMBER



Andy Murray mengakhiri penantian panjang Britania Raya selama hampir delapan dekade di ajang Davis Cup 2015. Britania Raya juara Davis Cup setelah menanti selama 79 tahun. Britania Raya menang, 3-1, atas Belgia, di partai final, di Flanders Expo, Ghent.

Serena Williams mencatatkan prestasi luar biasa dengan bertengger sebagai petenis nomor satu dunia selama 150 pekan. Prestasi itu membuat petenis asal Amerika Serikat (AS) ini sebagai petenis ketiga yang terlama berkuasa menjadi ratu tenis dunia sepanjang sejarah WTA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya