SOLOPOS.COM - Manager Chelsea Jose Mourinho. JIbI/Reuters

Karier pelatih Jose Mourinho yang terancam dipecat.

Solopos.com, LONDON – Pemilik Chelsea, Roman Abramovich, harus membayar lebih dari 40 juta poundsterling (Rp844,4 miliar) jika memecat manajer Jose Mourinho. Mourinho sendiri tengah terancam posisinya di kursi pelatih utama Chelsea menyusul rentetan hasil jelek The Blues.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Seperti dilansir Dailymail.co.uk, Abramovich menggelar pertemuan darurat bersama tim manajemen Bruce Buck, Marina Granovskaia, Eugene Tenenbaum, dan Michael Emenalo untuk membahas nasib Mourinho, Rabu (16/12/2015).

Suara dewan manajemen Chelsea terbagi menjadi 3-2 saat memutuskan untuk mendatangkan kembali Mourinho pada 2013 lalu. Namun, keputusan dalam pertemuan kali ini tampaknya akan berbeda.

Karier Mourinho terus menerus meredup di Stamford Bridge, London, musim ini. Dia membuat The Blues, julukan Chelsea, tercecer di peringkat ke-16 klasemen sementara Liga Premier setelah hanya mampu meraih empat kemenangan dari 16 laga.

Rumor rencana pemecatan pelatih berdarah Portugal itu semakin santer terdengar setelah Chelsea ditekuk Leicester City dengan skor 1-2, Selasa (15/12/2015).

Akan tetapi, Abramovich tampaknya perlu mempertimbangkan berbagai hal sebelum memutuskan mendepak Mourinho dari Stamford Bridge untuk kedua kalinya. Tingginya kompensasi yang harus dibayar kepada Mourinho menjadi salah satu pertimbangan utama.

Setelah meraih gelar juara Liga Premier musim lalu, Chelsea meyakini Mourinho sebagai salah satu manajer terhebat di dunia. Chelsea bahkan tidak ragu menyepakati kontrak anyar untuk mengikat Mourinho selama empat tahun ke depan tanpa negosiasi pasal khusus jika mereka harus memecat pelatih berusia 52 tahun pada keadaan darurat.

Perpanjangan kontrak Mourinho ditandatangani akhir musim lalu dan baru diumumkan pada Agustus. Chelsea juga membayar gaji cukup tinggi untuk mantan pelatih Real Madrid itu, yakni 250.000 poundsterling (Rp5,2 miliar) per pekan. Kontrak bernilai tinggi itu membuat Chelsea masih berberat hati untuk memecat Mourinho.

Namun, bukan tidak mungkin Abramovich bersedia membayar kompensasi senilai 40 juta poundsterling untuk mendepak pelatih yang menjuluki dirinya The Special One itu.

Pada September 2007 lalu, The Blues telah menggelontorkan dana 16 juta poundsterling (Rp337,7 miliar) untuk memecat Mourinho serta seluruh staf pelatihnya. Abramovich juga mengirimkan sebuah mobil Ferrari untuk mengucapkan rasa terima kasih atas kinerja Mourinho.

Selama ini, Mourinho selalu mendapatkan dukungan dari suporter dan pemilik klub meski nasib Chelsea tak kunjung membaik. Setelah ditekuk Leicester, The Special One bahkan telah kembali memimpin latihan Chelsea, Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya