SOLOPOS.COM - Pelatih utama FC Barcelona Luis Enrique dalam sebuah konferensi pers. (JIBI/Reuters/Carl Recine)

Karier pelatih Luis Enrique ini terkait keinginannya untuk mengambil cuti panjang.

Solopos.com, BARCELONA — Pelatih Barcelona, Luis Enrique, membuka kemungkinan meniru jejak Pep Guardiola untuk sesaat menjauhi sepak bola saat tiba waktunya mengakhiri kiprah di Camp Nou.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Enrique menyamai pencapaian Guardiola menyabet tiga gelar (treble winner) pada tahun pertamanya menakhodai Barcelona. Blaugrana, julukan Barca, memenangi trofi juara Liga Primera, Copa del Rey, dan Liga Champions.

Guardiola total mempersembahkan 14 gelar dalam empat tahun pengabdian bersama tim Catalan. Di sisi lain, Enrique berpeluang mempersembahkan gelar kelima di ajang Piala Dunia Klub dalam waktu dekat ini.

Sukses besar di musim 2014/2015 diyakini membuat Enrique bertahan dalam jangka panjang di Camp Nou. Namun, eks Manajer Celta Vigo itu menyadari tidak ada yang abadi dalam sepak bola.

Juru taktik 44 tahun itu mengungkapkan cuti panjang menjadi pilihan menarik ketika tiba masanya berpisah jalan dari Barcelona. Hal yang sama dilakukan Guardiola saat meninggalkan Camp Nou akhir musim 2011/2012 lalu. Pep cuti panjang selama satu tahun sebelum akhirnya menerima pinangan Bayern Munich.

Tetapi, hingga saat itu datang, Enrique mengungkapkan ambisi membawa Barca untuk sekali lagi berjaya di liga dan Liga Champions.

“Kami ingin terus berkembang. Tim ini memiliki semua yang dibutuhkan untuk mengukir rekor-rekor. Tantangan terbesar adalah terus menang dan melaju sejauh mungkin di semua kompetisi,” ujar Enrique dilansir soccerway.com, Senin (14/12/2015).

“[Lalu] saat meninggalkan Barca saya akan mengambil jeda satu tahun dari dunia sepak bola. Setiap tahun Anda harus terus berkembang,” lanjut eks rekan satu tim Guardiola di skuat masa lalu Barcelona itu.

Blaugrana bertengger di puncak klasemen Liga Primera dengan 35 poin dari 15 laga, unggul selisih gol atas Atletico Madrid. Selain itu, Lionel Messi dkk. melenggang ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara grup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya