SOLOPOS.COM - Francesco Totti (JIBI/Reuters/Stefano Rellandini)

Karier pemain Francesco Totti bersama AS Roma telah berakhir.

Solopos.com, ROMA – Karier Francesco Totti bersama AS Roma telah usai. Setelah lebih dari dua dekade membela klub tersebut, Totti resmi berpisah di akhir musim ini. Banyak pencapaian yang didapat Totti di klub masa kecilnya itu.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Totti menjalani laga perpisahan bersama AS Roma di pekan pamungkas Liga Italia melawan Genoa di Stadion Olimpico, Minggu (28/5/2017) malam WIB. Di laga yang dimenangkan Roma dengan skor 3-2 itu, Totti bermain sebagai pemain cadangan dengan menggantikan Mohamed Salah di menit ke-54.

Totti merupakan salah satu pemain yang hanya bermain dengan satu klub di sepanjang kariernya. Ya, Roma menjadi satu-satunya klub yang dibela Totti selama ini. Pemain berjuluk “Pangeran Roma” itu sudah membela Gialorissi sejak 1992 silam.

Saat itu, dia masih berusia 16 tahun. Dan hingga kini di usianya yang sudah menginjak 40 tahun, dia tetap membela Serigala Ibu Kota, meski banyak tawaran untuk hengkang. Dikutip dari BBC, Totti pun mencatatkan sejumlah pencapaian di Roma, berikut angka-angkanya:

Totti menjadi pemain dengan penampilan terbanyak di laga kompetitif untuk Roma di semua kompetisi. Tercatat dia membela Roma di 786 laga. Totti, juga menjadi top skorer sepanjang masa Roma dengan 307 gol.

Dia juga sejajar dengan legenda AC Milan, Paolo Maldini, yang menghabiskan 25 tahun di Serie-A Italia. Dari periode itu, dia selalu mencetak gol di 23 musim yang mana itu menjadi rekor tersendiri.

Produktivitas tertinggi Totti terjadi di musim 2006/2007. Saat itu, Totti mampu mencetak 32 gol di semua kompetisi dan 26 gol di antaranya dilesakkan di ajang Serie-A Italia. Dia pun berhak mendapatkan penghargaan Sepatu Emas Eropa.

Totti memulai debut di Roma pada usia 16 tahun dan mengakhiri kariernya di usia 40 tahun. Di usia 22 tahun, dia didapuk menjadi kapten Roma. Totti pun tercatat sebagai pemain termuda yang menjabat kapten di Serie-A Italia.

Selama 25 tahun bersama Roma, Totti mempersembahkan gelar Serie A Italia di musim 2000/2001. Selain itu, ada dua gelar Coppa Italia dan dua gelar Piala Super Italia. Bersama Roma, Totti lebih banyak meraih runner up Liga Italia yakni sembilan kali, termasuk musim ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya