SOLOPOS.COM - Kasper Dolberg (JIBI/Reuters/Michael Kooren)

Kasper Dolberg menjadi andalan Ajax Amsterdam di usianya yang masih muda.

Solopos.com, AMSTERDAM – Deretan angka “21, 25, 20, 17, 27, 24, 30, 24, 21, 19, 23” pernah ditulis reporter olahraga BBC, John Bennett, dalam akun Twitter-nya. Itu ternyata merupakan urutan usia para pemain staring XI milik Ajax Amsterdam (dalam skala tahun).

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Berkat tangan dingin pelatih Peter Bosz, Ajax musim ini bertransformasi sebagai tim yang penuh gairah dengan mengandalkan pemain muda dengan rata-rata usia 21 tahun. Bosz mungkin dianggap terlalu berani dengan amunisi muda yang diusungnya tersebut. Namun, mantan gelandang Timnas Belanda tersebut ingin terus membuktikan tim mudanya bisa berbicara di depan pendukung mereka.

Skuat Ajax musim ini pun disebut-sebut merupakan replika tim tersebut di era 1990-an. Muda, segar, ofensif. Pada 1995, tim asal Amsterdam ini mengandalkan darah muda seperti Edgar Davids, Clarence Seedorf, Patrick Kluivert, dan De Boer bersaudara untuk menjuarai Liga Champions.

Nah, skuat Ajax saat ini tak jauh berbeda. Bosz memiliki winger berusia 18 tahun, Justin Kluivert, putra legenda Timnas Belanda dan AC Milan, Patrick Kluivert. Selain itu, Bosz juga mempunyai wonderkid berusia 19 tahun, Kasper Dolberg.

Bedanya, skuat muda Ajax saat ini masih harus membuktikan untuk merengkuh gelar, seperti yang ditorehkan tim Ajax pada era 1990-an. Kesempatan meraih trofi di panggung Eropa terbuka lebar ketika mereka bertemu Manchester United pada babak final Liga Europa di Friends Arena, Solna, Swedia, Kamis (25/5/2017) pukul 01.45 WIB.

Bosz akan menganldakan para pemain mudanya itu untuk membawa Ajax meraih gelar Liga Europa/Piala UEFA kedua dalam sejarah klub ini. Salah satunya, Dolberg, yang bakal dipasang sebagai ujung tombak tim berjuluk De Godenzonen (Anak Para Dewa)ini.

Setahun lalu, mungkin tidak ada yang mengenal sosok Dolberg. Tapi kini dirinya mulai menjadi headline surat kabar olahraga karena gol-gol pentingnya di Liga Europa, termasuk dua gol di semifinal ke gawang Lyon.

Striker yang menceploskan enam gol di Liga Europa musim ini itu kerap disebut-sebut sebagai titisan bomber United, Zlatan Ibrahimovic. Selain karena Ibrahimovic pernah mengenakan kostum Ajax, kedua striker ini dinilai memiliki gaya permaian yang mirip.

“Ada kesamaannya dengan Zlatan. Secara teknik, dan fisik, serta kemampun bermain untuk mencetak gol. Ada beberapa kesamaan dia dengan Zlatan,” jelas Bosz, seperti dilansir worldsoccertalk.com, Selasa (23/5/2017).

Sayangnya, Dolberg tidak akan bertemu dengan “kembarannya” itu di lapangan pada final Liga Europa nanti.  Ibrahimovic dipastikan absen karena cedera lutut yang memaksanya bisa absen hingga akhir musim, bahkan akhir tahun nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya