SOLOPOS.COM - Dua atlet karateka bertanding pada kelas Junior Putri -48 pada Kejuaraan Wali Kota Cup II di GOR Manahan, Solo, Minggu (6/9). Kejuaraan diikuti 650 karateka dari 50 kontingen se- Jawa Tengah. JIBI/Solopos/Ivanovich Aldino

Kejuaraan Kejuaraan Wali Kota Solo Cup II yang berlangsung di GOR Manahan, Solo, membawa Dojo Bhirawa Yudha menyudahi paceklik gelar.

Solopos.com, SOLO – Dojo Bhirawa Yudha menyudahi paceklik gelarnya di kejuaraan karate se Jawa Tengah dengan menjuarai Kejuaraan Wali Kota Solo Cup II yang berlangsung di GOR Manahan, Solo, Jumat-Minggu (4-6/9/2015). Dojo yang bermarkas di Asrama Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura ini tampil sebagai juara umum setelah menyabet 11 emas, 9 perak dan 15 perunggu.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Sementara, Dojo Pabelan yang pada Sabtu (5/9/2015), memuncaki klasemen harus rela turun ke urutan kedua setelah hanya mampu mengoleksi 10 emas, 11 perak dan enam perunggu. Sedangkan, Dojo Schreuder Salatiga menempel di bawahnya, di urutan ketiga dengan raihan 8 emas, 5 perak dan 6 perunggu.

Pelatih Dojo Bhirawa Yudha, H. Sihombing, mengaku senang dengan pencapaian para atletnya. Terlebih lagi, sebelumnya ia tak menargetkan kontingennya tampil sebagai juara umum.

“Sebelumnya kami hanya menargetkan tampil di urutan empat besar, tapi ternyata anak-anak berjuang dengan maksimal dan berhasil meraih juara satu,” tutur Sihombing saat dijumpai Espos seusia kejuaraan, Minggu.

Para karateka Dojo Bhirawa Yudha memang patut berbangga. Sebab, gelar juara umum di kejuaraan tingkat Jateng ini merupakan yang kali pertama yang mereka dapatkan sejak 2010 silam.

Selain itu, sebelumnya Dojo Bhirawa Yudha juga tidak diunggul bisa menempati posisi paling atas. Namun, ternyata mereka mampu mengungguli kontingen lain yang lebih difavoritkan, seperti Dojo Pabelan yang acap meraih gelar juara di berbagai event di Kota Solo.

Ketua Panpel Wali Kota Solo Cup II, Sigit Eko, tidak heran jika Dojo Bhirawa Yudha bisa tampil sebagai juara umum. Selain tampil dengan kekuatan penuh, yakni 50-an atlet, Dojo Bhirawa Yudha juga unggul di kelompok senior terutama kelas kumite 75 kg ke atas.

“Rata-rata atlet mereka merajai di kelas 75 kg ke atas. Banyak dari atlet mereka yang juga merupakan anggota TNI dan memiliki kemampuan yang bagus-bagus. Jadi enggak bisa jadi juara umum,” terang Sigit.

Dojo Bhirawa Yudha memang banyak mendulang emas dari kelompok senior. Di nomor kata torehan medali emas lewat Suparman yang turun di perorangan putra dan beregu melalui trio Suparman, Jorge Berto dan La Ode.

Sementara emas di nomor kumite senior disumbangkan dari La Ode yang turun di kelas over (+)85 kg, Bekti Prasetya di kelas under (-) 67kg dan Jorge di kelas -75kg. (Imam Yuda Saputra/JIBI/Solopos)

KEJUARAAN KARATE WALI KOTA SOLO CUP II

Daftar Perolehan Medali

No.       Kontingen                 Emas    Perak   Perunggu

1.         Dojo Bhirawa Yudha                     11         9          15

2.         Dojo Pabelan                                   10         11         6

3.         Dojo Schreuder Salatiga               8          5          6

4.         Forki Klaten                                       5          6          11

5.         Amura Surakarta                              5          4          13

6.         SD Djama’atul Ichwan SKK        5          4          9

7.         Inkai Sukoharjo                               4          5          1

8.         Shotokan Dojo                                 4          3          9

9.         Forki Sragen                                     3          3          8

10.        Forki Karanganyar Juara             3          2          5



*Sumber: Panpel Wali Kota Solo Cup II (yud/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya