SOLOPOS.COM - Pemain Jepang Daichi Kamada (kiri) dan Ritsu Doan merayakan gol ke gawang Jerman pada laga perdana Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Ar-Rayyan, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, JAKARTA—Kejutan kembali lagi terjadi di Piala Dunia 2022 setelah Jepang di luar dugaan mengalahkan Jerman 2-1 pada laga perdana Grup E di Khalifa International Stadium, Ar-Rayyan, Rabu (23/11/2022) malam WIB.

Jepang bangkit di babak kedua setelah tertinggal 0-1 dari Jerman berkat gol penalti Iklay Guendogan. Dua gol Samurai Biru diciptakan oleh Ritsu Doan pada menit ke-75 dan Takuma Asano pada menit ke-83.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Pada laga tersebut Jerman sebenarnya begitu dominan. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Tim Panser memiliki penguasaan bola hingga 74 persen, sedangkan Jepang hanya 26 persen.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang Laga Piala Dunia 2022 Belgia vs Kanada

Demikian juga mengenai tendangan ke gawang, Jerman melakukannya 26 kali dengan 11 on target. Sedangkan Samurai Biru, julukan Jepang, hanya 12 kali melakukan tembakan ke gawang dengan 4 on target, dua di antaranya menjadi gol.

Pada laga tersebut Jerman sebenarnya menggandakan keunggulan menjelang laga babak pertama berakhir. Kai Havertz kali ini yang mencatatkan namanya di papan skor seusai menyambut bola umpan Serge Gnabry.

Namun gol itu dianulir VAR yang menilai Havertz terlebih dulu offside sebelum menceploskan bola ke gawang Jepang. Sebelumnya, gol Guendogan diciptakan melalui tendangan penalti menyusul pelanggaran kiper  Jepang Shuichi Gonda.

Baca Juga: Babak Pertama Rampung, Tim Panser Jerman Gilas Jepang 1-0

Jerman banyak menciptakan peluang di antaranya hadir melalui Joshua Kimmich di menit ke-14. Namun tembakannya dari luar kotak penalti masih diblok. Sundulan Antonio Rüdiger juga masih melenceng dari sasaran pada menit ke-17.

Setelah memimpin 1-0 berkat gol Guendogan, Jerman terus melancarkan serangan di antaranya tembakan Gnabry dan Jamal Musiala pada menit ke-38 masih bisa dimentahkan Jepang. Skor 1-0 pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Memasuki babak  kedua, Jerman langsung melakukan gempuran ke pertahanan Jepang lewat Thomas Muller dan Gnabry. Sayangnya tendangan Gnarby masih membentur tiang dari Gonda.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022, Maroko Paksa Kroasia Imbang Tanpa Gol

Jerman mendapatkan peluang emas ketika serangan balik mereka berhasil menembus pertahanan Jepang. Namun kerja sama antara Raum dan Musiala masih belum dapat menggandakan kedudukan dari Jerman.

Sepuluh menit babak kedua berjalan, Jepang mulai keluar dari tekanan Tim Panser dan membuat tekanan ke wilayah pertahanan dari Jerman. Keasikan menyerang, Jepang hampir kecolongan gol kedua jika tendangan Guendogan hasil umpan dari Musiala tidak membentur tiang sebelah kiri gawang Gonda.

Pada menit ke-70, Jerman berkesempatan membuat gol kedua jika empat peluang di depan mulut gawang Jepang tidak ditepis oleh Gonda yang tampil sangat cemerlang. Tidak mau kalah dengan Gonda, Manuel Neuer menunjukkan kelasnya saat sundulan dari Junya Ito berhasil dimentahkan olehnya dan membuat skor masih 1-0 untuk Jerman.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang Laga Piala Dunia 2022 Jerman vs Jepang

Jepang akhirnya benar-benar menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah Ritsu Doan berhasil menyambar bola muntah hasil tepisan Neuer dari tendangan Takumi Minamino pada menit ke-75.

Setelah berhasil diimbangi oleh Jepang, Jepang kembali memulai serangan mereka dengan memasukan amunisi baru salah satunya Mario Gotze. Saat Jerman tengah asyik menyerang, Jepang malah menggandakan keunggulan lewat tendangan dari Takuma Asano yang berhasil menkonversi umpan dari lini belakang Jepang.

Gol Asano pada menit ke-83 itu membawa tim Samurai Biru berbalik unggul atas Jerman. Wasit memberikan tambahan waktu 7 menit. Namun upaya Jerman menyamakan kedudukan tidak membuahkan hasil hingga skor tetap 2-1 untuk Jepang.

 

Susunan pemain Jerman vs Jepang:

Jerman (4-2-3-1)

Manuel Neuer; David Raum, Antonio Rudiger, Niklas Sule, Nico Schlotterbeck; Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan (Leon Goretzka, 67’); Serge Gnabry, Thomas Muller (Jonas Hofmann, 67’), Jamal Musiala; Kai Havertz. Pelatih: Hansi Flick.

 



Jepang (4-5-1)

Shuichi Gonda; Yuto Nagatomo (Kaoru Mitoma, 57’), Kou Itakura, Maya Yoshida, Kiroki Sakai (Takumi Minamino, 75); Wataru Endo, Junya Ito, Takefusa Kubo (Takehiro Tomiyasu, 46’), Ao Tanaka (Ritsu Doan, 71’), Daichi Kamada; Daizen Maeda (Takuma Asano, 57’). Pelatih: Hajime Moriyasu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya