SOLOPOS.COM - Yussa Nugraha (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Pesepak bola kelahiran Kota Bengawan Yussa Nugraha memastikan diri bergabung dengan skuat Persis Solo setelah malang melintang di klub Belanda sejak usia dini.

Yussa, pemuda kelahiran 21 Maret 2001 yang telah berkiprah di Negeri Kincir Angin sejak berusia 8 tahun itu memutuskan pulang kampung dan memperkuat tim Persis Solo.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Ternyata, Yussa punya alasan khusus kenapa dia ingin memperkuat Laskar Sambernyawa tersebut.

Baca juga: Kaesang Masih Butuh Playmaker

“Persis adalah klub asal kota kelahiranku dengan nama besar dan sejarah panjang. Saya yakin dengan Persis karena di bawah kepemilikan dan manajemen baru sekarang Persis akan banyak gebrakan, tentunya prestasi di Liga 2 dan promosi ke Liga 1,” ujarnya pada Senin (24/5/2021) dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Selasa (25/5/2021).

Menyerap Ilmu dari Pemain Senior

Di Persis Solo, Yussa yakin bisa mengembangkan kemampuannya bersepak bola. Terlebih dia akan diasuh oleh pelatih berpengalaman dan rekan satu tim yang mumpuni.

“Dengan susunan tim yang sekarang, saya juga bisa belajar dan menyerap ilmu dari pemain senior mengingat terdapat perbedaan yang cukup jauh antara sepak bola Eropa dan Indonesia,” ungkap Yussa.

Baca juga: Pesaing Persis Solo, Rans Cilegon FC Datangkan Patrich Wanggai

Yussa di Belanda sejak usia 8 tahun. Klub pertama yang dia ikuti adalah VV Haagsehout di Den Haag pada tahun 2010. Kemudian dari tahun ke tahun dia pindah-pindah klub, mulai dari SVV Scheveningen, SC Feyenoord dan HBS Craeyenhout.

Di masing-masing klub Yussa selalu punya torehan apik, misalnya di Schevenigen dia membawa klub ini promosi dan menjadi top skor. Lalu juga di SC Feyenoord dia menorehkan pencetak gol terbanyak.

Namun nasib buruk menimpanya tatkala pada 2018 saat di SC Feyenoord. Yussa harus menepi 10 bulan karena cedera PCL (Posterior Cruciate Ligament).

Baca juga: Sandi Sute Gabung Persis Solo, Bakal Jadi Pilihan Utama?

Setelah pulih dia kembali ke Den Haag dan main di klub kasta liga empat Belanda HBS Craeyenhout. Di sana dia tampil bersama tim U-19 dan selama bermain sebanyak 9 kali, dia mencetak 3 gol dan empat asist.

Kini Yussa kembali ke Tanah Air untuk memperkuat Persis Solo, tim kota kelahirannya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya