SOLOPOS.COM - Skuad Persis Solo menjalani sesi latihan di Stadion Manahan sebelum menghadapi Persebaya Surabaya beberapa waktu yang lalu. (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO – Persis Solo resmi menghadapi Arema FC pada pekan kelima Liga 1 2023/2024 di Stadion Sriwedari, Minggu (30/7/2023) pukul 15.00 WIB. Persis Solo kembali terusir dari Stadion Manahan karena lokasi tersebut akan pakai untuk konser musik Dewa 19 pada Sabtu (29/7/2023) malam WIB.

Manajemen Persis Solo memberikan tanggapan mereka terhadap kondisi tersebut. Persis Solo meminta maaf kepada suporter karena tidak bisa menggunakan Stadion Manahan dalam laga melawan Arema FC.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Manajemen Persis Solo sudah dua kali mengirimkan surat kepada PT Liga Indonesia Baru selaku operator dengan poin tuntutan untuk perubahan waktu pertandingan. Permintaan tersebut perubahan hari pertandingan, namun tidak disetujui.

Kemudian pada pengajuan kedua untuk perubahan venue dan waktu pertandingan yang disetujui dengan nomor referensi: Sket.0001/PSS/VII/2023 SP.0002/Team/PSS/VII/2023 yang menyatakan bahwa kick-off Persis Solo vs Arema memilki jadwal baru yaitu: 30 Juli 2023 pukul 15.00 WIB di Stadion Sriwedari setelah sebelumnya dijadwalkan pukul 19.00 WIB.

Pemilihan Stadion Sriwedari sebagai lokasi pertandingan Persis Solo yang terusir dari Manahan didasarkan pada pertimbangan jarak dan hasil verifikasi yang sesuai dengan standar Liga 1. Stadion Sriwedari adalah salah satu dari lima stadion yang disiapkan sebagai lapangan pendukung Piala Dunia U-20, mendampingi Stadion Manahan sebagai lapangan utama. Selain itu, Stadion Sriwedari juga sudah ditetapkan sebagai stadion alternatif sebagai home base sejak pendaftaran di awal musim.

Berbeda dengan musim sebelumnya ketika Persis Solo sempat memainkan laga di stadion yang sudah memenuhi risk assessment di luar kota, musim ini opsi untuk memainkan laga di tempat lain juga terbatas. Stadion Maguwoharjo yang sempat menjadi home base di paruh kedua Liga 1 2022/2023 saat ini sudah digunakan oleh dua tim yaitu PSS Sleman dan RANS Nusantara.

Dengan demikian hal itu dianggap sudah memenuhi kuota maksimal (2 tim) yang bisa menempati stadion sebagai home base, merujuk pada Regulasi Liga 1 2023/2024 Pasal 16 poin 6 perihal stadion.

Selain terusir dari Stadion Manahan, Persis Solo juga harus menerima kenyataan karena pertandingan melawan Arema FC tidak boleh dihadiri penonton. Pihak operator Liga 1 dan aparat keamanan menyampaikan alasan terkait hal itu adalah pertimbangan risiko dan struktur stadion di Sriwedari yang tidak memiliki lapisan pengamanan seperti Stadion Manahan.

“Persis Solo juga tengah mengupayakan untuk menggelar acara nonton bersama guna sedikit mengobati kekecewaan, dan informasi lebih lanjut akan diberitahukan melalui kanal sosial media,” keterangan Persis Solo pada Rabu (26/7/2023).

Atas situasi ini, Persis Solo memohon pengertian dan dukungan untuk keputusan yang sudah diambil demi kebaikan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya