SOLOPOS.COM - Inilah tim putra dan putri basket Kota Solo yang berlaga di Popda Jateng. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Tim Basketball Kota Solo berhasil meraih medali emas pada kategori putra dan medali perak untuk kategori putri dalam final bola basket Popda Jateng yang digelar di GOR Sahabat Semarang, Jumat (23/6/2023) siang. Kedua kategori ini sama-sama bertemu dengan wakil dari Kota Semarang.

Di babak final putra, Kota Solo menang dengan skor 78-66 dari Kota Semarang. Sedangkan di babak final putri, Kota Solo harus puas meraih perak setelah kalah 49-61 dari Kota Semarang.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Di babak penyisihan, skuad putra Kota Bengawan tampil meyakinkan dengan menang telak 66-33 dari Kabupaten Temanggung. Lalu, tim ini juga meraih kemenangan 49-27 dari Kabupaten Pati. Di laga selanjutnya, tim putra menunjukkan dominasinya dengan mengalahkan Kabupaten Salatiga dengan skor 49-29.

Sedangkan skuad putri Kota Bengawan, juga tampil mendominasi di fase awal. Tim ini menggulung Kabupaten Temanggung dengan skor telak 61-15. Di partai kedua, Kota Solo menang dengan skor 48-26 dari Kabupaten Kudus. Kemudian, Kota Solo menang dari Kabupaten Pati dengan skor 53-24.

Keberhasilan ini sekaligus menjadi catatan apik kepengurusan baru Perbasi Kota Solo. Kepengurusan Perbasi Kota Solo baru dilantik pada bulan lalu diketuai oleh Bagus Andrean John yang dikenal dengan Paman John.

Paman John sapaan akrabnya dalam keterangannya mengatakan sangat mengapresiasi perjuangan adik-adik yang membawa harum nama Kota Solo. Keberhasilan ini diraih lewat kerja keras seluruh pihak dalam olahraga basket Kota Solo.

“Selamat kepada adik-adik, saya bangga dengan perjuangan ini. Perjuangan masih panjang dan terus berlatih,” kata Paman John.

Dia berharap agar seluruh skuad tidak mudah puas dengan raihan ini karena masih banyak tantangan di depan. John berharap prestasi ini dapat berdampak pada perkembangan dunia basket di Solo yang belakangan terakhir semakin masif berkembang di Kota Solo.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Pemerintah Kota Solo yang terus mendukung olahraga basket di Solo. Menurutnya untuk meraih prestasi harus melalui proses panjang dan konsisten.

Pembinaan basket sejak usia dini dan adanya kompetisi juga menjadi salah satu kunci keberhasilan meraih prestasi. Di Solo, makin banyak pihak yang aktif menggelar kompetisi usia dini seperi Liga Solo Junior yang dikelola secara profesional.

“Semoga prestasi-prestasi selanjutnya lahir dari Kota Solo,” tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya