SOLOPOS.COM - Foto terbaru Kim Jong-un yang dirilis Korean Central News Agency (KCNA), Selasa (14/10/2014). (JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, PYONGYANG – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un muncul untuk kali pertama, Selasa (14/10/2014), setelah lebih dari satu bulan tak menampakkan diri di hadapan publik. Dalam sebuah foto, Kim tampak mengunjungi sebuah distrik perumahan dan akademi ilmu pengetahuan. Ia tampak menggunakan tongkat.

Kantor berita Korut, KCNA dalam laporan yang tertanggal Selasa seperti dilansir Reuters, mencatat kegiatan Kim saat memberi bimbingan lapangan ke Wisong Scientists Residential District yang baru dan mengunjungi Natural Energy Institute, Akademi Ilmu Pengetahuan.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

“Ilmuwan kami adalah patriot yang mengabdikan seluruh hidup mereka untuk membangun bangsa yang kaya dan kuat,” kata Kim. Meski demikian, dalam laporan itu tidak disebutkan kapan tepatnya Kim melakukan kunjungan tersebut.

Menurut seorang pengamat terkait Korut, An Chan-il, laporan media pemerintah dari kegiatan Kim diduga ditujukan untuk menghapus rumor di luar negeri dan menepis kekhawatiran warga Korut dan militer menyusul baku tembak dengan Korea Selatan (Korsel) Jumat pekan lalu. Sementara itu, Surat Kabar Harian Rodong Sinmun seperti dikutip bbc.com, mengangkat beberapa foto Kim menggunakan tongkat saat ia melakukan kunjungan.

Kim tidak muncul di depan publik sejak menghadiri konser dengan istrinya pada 3 September lalu. Kim bahkan melewatkan ulang tahun politik besar, Jumat (10/10/2014), serta sidang terbaru parlemen negara itu. Menghilangnya Kim dari pandangan publik dalam waktu panjang menimbulkan dugaan ia mengalami masalah kesehatan.

Dugaan itu didorong laporan televisi Korsel akhir bulan lalu yang mengatakan ia mengalami “ketidaknyamanan”. Meski demikian, para pejabat Korut membantah hal itu. Ketidakhadiran Kim di hadapan publik tidak terkait kondisi kesehatan. Pada satu sisi, sebelumnya Kim juga pernah absen cukup lama dari mata publik. Pada Juni 2012, setelah enam bulan setelah berkuasa, media pemerintah tak berhasil melaporkan atau memotret dirinya selama 23 hari. Dia muncul kembali ke hadapan publik pada pada Juli.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya