SOLOPOS.COM - Salah satu pertandingan di Kings League 2023. (Twitter/@garistengah_id).

Solopos.com, SOLOGerard Pique meluncurkan sebuah liga sepak bola 7 vs 7 yang diberi nama Kings League, 1 Januari 2023 lalu.

Kompetisi tersebut saat ini diikuti oleh 12 tim asal Spanyol dengan masing-masing tim memiliki 12 pemain. Proyek tersebut dilaksanakan mantan pemain Barcelona itu setelah memutuskan gantung sepatu pada November 2022.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Mari kita bahas seluk beluk Kings League berdasar informasi  dari unggahan akun Twitter @garistengah_id dan Give Me Sport yang dikutip Solopos.com, Selasa (5/9/2023).

Bagaimana asal-usul Kings League?

Keputusan mantan pemain Barcelona itu untuk membuat sebuah liga tak lepas dari kemampuannya mengelola bisnis olahraga dalam beberapa tahun terakhir.

Pique lewat perusahaannya, Kosmos Holding, adalah perusahaan di balik tata kelola Piala Davis tenis dan gelaran Piala Super Spanyol yang digelar di Arab Saudi.

Selain itu sejak musim lalu, Pique memang menaruh kekhawatiran besar pada sepak bola saat ini karena dianggap sudah usang dan mulai ditinggalkan para anak muda.

“Kita harus mengubah aturan yang ditetapkan dalam sepak bola. Anda harus berusaha menarik perhatian. Buat produk pendek dan menghibur. 90 Menit sepertinya terlalu lama bagi saya. Produk itu sendiri sudah usang. Sulit untuk menarik penonton muda,” ungkap Pique dikutip dari Give Me Sport, Selasa (5/9/2023).

Kompetisi ini muncul saat Gerard Pique, Oriol Querol, dan selebnetnya Spanyol Ibai Llanos, nongkrong saat makan siang dan berkomunikasi sewajarnya.

Pembicaraan mengarah pada sistem sepak bola saat ini. Mereka mengeluhkan pertandingan sepak bola yang lama dan jarang terjadi gol, bahkan kadang tanpa ada gol.

Dari keresahan itu mereka ingin membuat sepak bola menjadi menarik. Kemudian, Oriol Querol memberikan saran agar mengubah sepak bola menjadi seperti video game. Dari ide itu mereka lantas menggodok sistem kompetisi yang sejak Juni 2022.

Lalu kompetisi resmi dikenalkan kepada publik pada November 2022 dengan nama Kings League. Edisi pertama kompetisi ini bergulir pada Januari 2023 lalu.

Format Kings League

Kings League mengambil konsep Apertura dan Clausura yang di mana kompetisi ini dibagi menjadi dua gelaran yang berbeda, yakni kompetisi musim panas dan musim dingin.

Liga ini diisi 12 tim dan setiap tim saling bertemu sebanyak satu kali. Setelah 11 pertandingan, delapan besar masuk fase gugur atau knockout stage, mulai babak perempat final hingga final.

Pertandingan reguler edisi pertama digelar di Cupra Arena Barcelona. Semntara, babak semifinal hingga final musim dingin 2023 digelar di Camp Nou.

Untuk semifinal dan final musim panasnya, King League menggunakan Wanda Metropolitano Stadium. Untuk ukuran lapangannya, mereka menggunakan lapangan minisoccer.

Klub peserta Kings League

Kontestan Kings League adalah tim-tim ini dibuat oleh tokoh sepak bola dan selebnet Spanyol. Misalnya Kunisports milik legenda Manchester City Sergio Aguero dan 1K FC yang dikelola legenda kiper Real Madrid Iker Casillas.

Kontestan Kings League 2023 terdiri atas:

  1. Kunisports.
  2. 1K FC.
  3. Aniquiladores FC.
  4. El Barrio.
  5. Jijantes FC.
  6. Los Troncos FC.
  7. PIO FC.
  8. Porcinos FC.
  9. Rayo de Barcelona.
  10. Saiyans FC.
  11. Ultimate Mostoles.
  12. xBuyer Team.

Setiap tim hanya bisa mendaftarkan 12 pemain di kompetisi musim dingin dan 14 pemain untuk musim panas. Dari 14 pemain yang didaftarkan, 10 pemain di antaranya merupakan pemain inti.

Sementara, pemain ke-11 adalah pemain tamu (biasanya mantan pesepakbola pro) yang juga terdaftar dari awal sampai akhir. Demikian halnya pemain ke-12. Bedanya yang mengisi boleh berganti di setiap pertandingan.

Uniknya, siapa saja bisa ikut bermain di Kings League dengan cara mendaftar di situs resminya. Setelah itu ada serangkaian tes sebelum akhirnya dinyatakan lolos dan bisa bermain di Kings League.

Kings League punya aturan unik

Seperti yang disebutkan, Pique memang tidak senang dengan peraturan sepak bola saat ini, jadi dia memutuskan membuat beberapa perubahan revolusioner di Kings League. Dia ingin memastikan pemirsa lebih terlibat dengan konten tontonan dan menggaet banyak fan muda.

Berikut ini adalah beberapa aturan yang diterapkan di kompetisi tersebut:

  • Dua babak masing-masing 20 menit, sehingga total 40 menit per pertandingan.
  • Kick off jenis polo air, pemain berlari dari garis gawang masing- masing untuk merebut bola di tengah lapangan.
  • Nomor pemain tersedia dari 0 hingga 99.
  • Jika memperoleh kartu kuning berarti sang pemain harus menepi dua menit dari permainan.
  • Jika memperoleh kartu merah berarti sang pemain dikeluarkan. Namun, setelah lima menit, pemain pengganti bisa masuk.
  • Pergantian pemain tak terbatas.
  • Adu penalti dari tengah lapangan saat terjadi seri.
  • Penalti dilakukan seperti olahraga hoki. Artinya pemain menggiring bola dari tengah lapangan dan diberi waktu 30 detik sebelum menendang bola.
  • Pertandingan digelar tiap hari Minggu saja.

Keunikan lainnya di Kings League

Sebelum pertandingan, tim mendapatkan satu senjata rahasia atau secret weapon. Apa saja?

  • Klub bisa dapat tendangan penalti.
  • Mengeluarkan pemain lawan selama dua menit.
  • Nilai sebuah gol tim tersebut dikali dua selama dua menit.
  • Mencuri secret weapon-nya lawan.

Kings League musim 2023 sudah selesai digelar. Kompetisi musim panas digelar Januari-Maret dengan El Barrio sebagai juara.



Sedangkan, kompetisi musim dingin digelar Mei-Juli dengan xBuyer Team sebagai juara dengan mengalahkan El Barrio di final.

Pada musim 2023 banyak pemain pro, baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun, ikut bermain. Mereka seperti Chicarito, Aguero, Pirlo, Ronaldinho, dan Shevchenko. Mereka terdaftar sebagai pemain ke-12 yang berarti hanya bermain dalam satu pertandingan.

Cara menonton pertandingan Kings League

King League bisa dinikmati secara gratis karena disiarkan melalui akun Twitch, Youtube, dan TikTok milik King League.

Pemilik klub juga berhak menyiarkan pertandingan melalui akun mereka masing-masing.

Dalam siarannya, ada kamera di ruang ganti dan di tubuh wasit. Semua pemain juga diberi mikrofon sehingga penonton dapat mendengar percakapan di tengah lapangan, seru kan. Tak heran satu pertandingan Kings League bisa mencapai 800.000 penonton.

Karena prospeknya yang menjanjikan, Kings League mampu menarik sejumlah sponsor besar seperti Adidas, Spotify, McDonalds, Xiaomi, Getorade, Visa, dan Nescafe. Sponsor utama Kings League 2023 adalah Infojobs sehingga nama resmi gelarannya adalah Kings League Infojobs.

“Kings League mulai melebarkan sayap dengan membuat Queen League sampai merambah ke Amerika Latin dan beberapa bagian Eropa lain,” tulis akun @garistengah_id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya