SOLOPOS.COM - Leonardus Gamma Tirta, atlet muda difabel asal Solo saat bertanding di babak kedua tahap turnamen Audisi Umum PB Djarum 2022 di GOR Djarum Jati Kudus Sabtu (22/10/2022). (Istimewa/ PB Djarum)

Solopos.com, KUDUS — Selain Kenji Satri Pamungkas, atlet muda difabel asal Sragen, ternyata ada peserta difabel dari Solo yang melaju tahap turnamen Audisi Umum PB Djarum 2022. Dia adalah Leonardus Gamma Tirta.

Baik Kenji maupun Gamma sama-sama sempat melenggang sampai ke tahap turnamen Audisi Umum PB Djarum 2022 namun kalah di babak kedua. Gamma menjadi talenta spesial kedua yang mengikuti audisi umum untuk mendapatkan Super Tiket agar bisa bergabung bersama PB Djarum.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Namun, sayangnya, Gamma harus rela melepasnya karena kalah saat berhadapan dengan Hazel Alva Saputra. “Tadi sayang sekali kalah. Karena saya merasa gugup duluan. Soalnya orang yang saya lawan ini pernah mengalahkan saya di turnamen lainnya. Jadi pas tahu akan melawan dia, saya jadi gugup dulu dan takut. Akhirnya permainan saya tidak bisa berkembang seperti biasanya,” ujar Gamma ketika berbincang dengan Solopos.com usai melakoni pertandingan Sabtu (22/10/2022).

Gamma mengaku tergabung di PB Purnama Solo untuk menimba ilmu berlatih bulu tangkis. Gamma tergolong peserta spesial. Meski memiliki keterbatasan di tangan kanan, Gamma membuktikan kemampuannya bisa lolos ujian skrining tahap I dan tahap II dan membawanya berlaga di tahap turnamen.

“Saya sudah berusaha sebaik mungkin. Ini menjadi pengalaman saya, saya tidak akan berhenti dan tetap berupaya meraih cita-cita sebagai atlet bulu tangkis,” ujar bocah yang mengidolakan Victor Axelsen itu.

Baca Juga: Hasil Terbaru Pertandingan Denmark Open: Langkah Apriyani/Siti Fadia Terhenti

Sementara itu, pelatih Gamma di PB Purnama Solo, Agus Joko Suseno, mengatakan, dirinya melatih Gamma dari nol hingga memiliki skill badminton seperti saat ini. Agus menceritakan, dulunya Gamma merupakan atlet atletik lari. Namun, karena melihat Gamma tertarik dengan bulu tangkis, kemuan pihaknya memutuskan melatih Gamma.

“Kebetulan Mbak Ambar pelatih NPC dan pengurus Purnama melihat itu. Akhirnya ditarik ke bulu tangkis. Sampai sekarang. Alhamdulillah, anaknya rajin, semangat dan belajarnya cepat,” beber dia.

Agus bercerita, Gamma memiliki kelebihan di pukulan dropshot dan placing. Setelah melakoni pertandingan ini, Agus mengaku memiliki referensi untuk meningkatkan kembali kemampuan Gamma.

Baca Juga: Hebat! Kenji, Atlet Asal Sragen Ini Tembus Tahap Kompetisi Audisi PB Djarum

“Kalau teknik tidak ada masalah. Lebih ke power sama kecepatan kakinya yang perlu ditingkatkan. Setelah kalah ini, tahun depan mungkin akan mencoba kembali [Audisi Umum PB Djarum]. Tentunya dengan persiapan yang lebih matang lagi,” ucap dia. Selain Gamma, Kenji diketahui juga kalah di tahap turnamen babak kedua dari lawannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya