SOLOPOS.COM - Sadio Mane (Twitter @FootballSenegal)

Solopos.com, SOLO – Sadio Mane sukses membawa Senegal menjadi juara Piala Afrika 2021. Namun di balik kesuksesannya sebagai pesepak bola profesional saat ini, ada cerita dirinya yang ditentang bermain sepak bola.

Mane lahir di Bambali, Senegal, pada 10 April 1992. Dikutip dari Bleacher Report, pemain yang kini bermain di Liverpool itu awalnya diminta oleh keluarganya untuk fokus belajar dan membantu pertanian dari pada sepak bola.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Kala itu, paman Mane ragu sang keponakan bisa sukses sebagai pesepak bola profesional. “Bagaimana Anda akan berhasil? Saya tidak kaya. Saya tidak punya uang untuk mengirim Anda untuk latihan. Saya tidak percaya pada mimpimu,” kata sang paman kepada Mane.

Baca Juga: Senegal Cetak Sejarah, Mesir Tetap Peraih Gelar Terbanyak Piala Afrika

Namun, Mane telah membuktikannya. Dia berhasil berkarier di Eropa dan menemukan kesuksesan besar. Meski telah sukses, Mane tak pernah lupa kepada kampung halamannya.

Sadio Mane menyumbangkan hampir $350.000 atau setara dengan Rp5 miliar untuk membangun sekolah di Bambali pada tahun 2019. Kemudian dia juga menyumbangkan $693.000 atau Rp9,9 miliar pada 2021 lalu untuk pembangunan rumah sakit.

Tak cuma itu, Mane juga memberikan 300 jersey Liverpool kepada warga di kampungnya pada 2018 lalu. Jersey itu dimaksudkan agar para warga di kampung halamannya mendukung Liverpool pada parta final Liga Champions 2018. Sayang, Liverpool kalah dari Real Madrid kala itu.

Baca Juga: Persis Youth Bekuk Persiharjo Sukoharjo, Misha Radovic: Saya Senang!

Kebaikan Mane lainnya adalah terlihat membersihkan toilet masjid di Liverpool. Aksi Mane itu sempat viral di media sosial. Banyak netizen yang salut dengan kepribadian Mane. Pemain 29 tahun ini memang dikenal sebagai muslim yang taat.

Kini, Mane telah membuktikan diri bisa sukses di dunia sepak bola. Setelah memenangi Liga Champions dan Liga Inggris bersama Liverpool, dia berhasil mempersembahkan Piala Afrika untuk Senegal. Itu menjadi piala pertama Senegal di ajang tiga tahunan tersebut. Sadio Mane juga dianugerahi pemain terbaik Piala Afrika 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya