SOLOPOS.COM - Pemain Indonesia Yakob Sayuri (kiri) merayakan gol ke gawang Brunei Darussalam pada laga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Kuala Lumpur Malaysia, Senin (26/12/2022). (Twitter @PSSI)

Solopos.com, KUALA LUMPURIndonesia mengudeta Thailand dari puncak klasemen Grup A Piala AFF 2022. Ini setelah Indonesia menang besar 7-0 atas Brunei Darussalam pada laga di Stadion Kuala Lumpur Malaysia, Senin (26/12/2022).

Kemenangan besar ini membuat Indonesia memimpin klasemen Grup A Piala AFF 2022 dengan poin 6 hasil dua kali menang. Tim Garuda sebelumnya mengalahkan Kamboja dengan skor 2-1.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Tambahan 7 gol membuat skuat Merah Putih mengemas 9 gol dengan 1 kebobolan. Sehingga tim besutan Shin Tae-yong memiliki selisih gol 8.

Baca Juga: Pesta 7-0 ke Gawang Brunei, Indonesia Puncaki Klasemen Grup A Piala AFF 2022

Thailand yang berada di posisi kedua butuh kemenangan dengan margin 3-0 untuk menyamai produktivitas gol Indonesia saat melawan Filipina malam ini. Pada laga perdana, Thailand membabat Brunei dengan skor 5-0.

Sedangkan Filipina sudah memainkan dua laga. Setelah kalah dari Kamboja 2-3 di awal turnamen, The Azkals bangkit dengan membantai Brunei 5-1.

Jika ingin mengambil alih posisi puncak klasemen dari Indonesia, Filipina harus mengalahkan Thailand dengan margin 5-0. Hal itu sulit dilakukan mengingat pertandingan digelar di kandang Tim Gajah Perang, Stadion Thammasat, Thailand.

Baca Juga: Babak Pertama Usai, Indonesia Atasi Brunei 2-0

Gol Indonesia ke gawang Brunei dibagi rata oleh para penggawa Tim Garuda di babak pertama dan kedua. Dua gol diciptakan di babak pertama oleh Syahrian Abimanyu pada menit ke-20 dan Dendy Sulistyawan pada menit ke-40.

Lima gol lainnya bersarang ke gawang Brunei pada babak kedua melalui Egy Maulana Vikri pada menit ke-59, Ilija Spasojevic menit ke-60, Ramadhan Sananta menit ke-68, Marc Klok menit ke-86 dan Yakob Sayuri menit ke-90+2.

Pesta gol Indonesia ke gawang Brunei semakin mudah setelah Brunei bermain dengan 10 orang sejak menit 39. Al Jufri diusir dari lapangan setelah menerima kartu kuning kedua karena melanggar Spasojevic.

 

Klasemen Sementara Grup A Piala AFF 2022:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya