SOLOPOS.COM - Rachmat Irianto (kedua kiri) dikerumuni para pemain Timnas Indonesia lainnya setelah ia membobol gawang kuwait dalam laga perdana Grup A kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad, Kuwait, Rabu (8/6/2022). (Antara/Humas PSSI)

Solopos.com, JAKARTA – Timnas Indonesia di luar dugaan mampu mengalahkan tuan rumah Kuwait dalam laga perdana Grup A kualifikasi Piala Asia 2023 yang berakhir Kamis (9/6/2022) dini hari tadi. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku tidak menyangka skuadnya mampu menundukkan Kuwait. Berikut ini klasemen terbaru hari ini Grup A setelah laga Yordania melawan Nepal.

“Secara khusus, saya tidak terpikir kami bisa memenangkan pertandingan ini. Namun, selalu ada kesempatan selama pemain bekerja keras,” ujar Shin seusai pertandingan, dikutip dari keterangan PSSI, Kamis.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Salah satu faktor yang membuat juru taktik asal Korea Selatan itu sempat ragu adalah suhu di stadion yang panas, mencapai sekitar 40 derajat Celcius. Bahkan, Shin merasakan temperatur di dalam arena pertandingan lebih panas daripada di luar stadion.

“Cuaca lebih panas dari yang saya perkirakan. Sangat sulit bermain dalam kondisi seperti itu,” kata pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Alasan kedua yaitu melihat jejak pertemuan Indonesia dan Kuwait. Sebelum laga tersebut, kemenangan terakhir Indonesia dari Kuwait terjadi pada tahun 1980 atau 42 tahun lalu.

Baca Juga: Mantap Jiwa, Persija Jakarta Kontrak Bek Timnas Republik Ceko

Akan tetapi, Marc Klok dan kawan-kawan ternyata menunjukkan performa sangat baik di hadapan para pendukung tuan rumah. Mereka tampil disiplin, menjaga kerapatan ruang dengan baik dan memaksimalkan peluang sehingga mampu menaklukkan Kuwait dengan skor 2-1. Kemenangan tersebut sangat berpengaruh terhadap klasemen terbaru hari ini di Grup A kualifikasi Piala Asia 2023 utamanya setelah Yordania menjalani duel melawan Nepal seusai Kuwait vs Timnas Indonesia.

“Dengan kemenangan ini, saya yakin sepak bola Indonesia berkembang ke arah lebih baik,” tutur Shin dikutip Antara.

Gol-gol Indonesia pada laga kontra Kuwait di Stadion Internasional l Jaber Al-Ahmad itu dilesakkan oleh Marc Klok melalui titik penalti dan Rachmat Irianto. Kuwait sejatinya unggul terlebih dahulu via gol Yousef Al Sulaiman.

Baca Juga: Irfan Jauhari Baru Pekan Depan Bergabung dengan Persis, Ini Alasannya

Hasil positif tersebut membawa Indonesia ke peringkat kedua klasemen terbaru hari ini Grup A kualifikasi Piala Asia 2023 dengan koleksi tiga poin sekaligus menjaga peluang skuad Garuda lolos ke Piala Asia 2023.

Di posisi pertama bertengger Yordania yang mengandaskan Nepal 2-0. Kuwait berada di posisi ketiga dan Nepal menjadi juru kunci. “Kami akan memberikan penampilan terbaik pada dua laga tersebut,” kata Shin Tae-yong.

Berikut klasemen sementara Grup A kualifikasi Piala Asia 2023, setelah pertandingan Yordania vs Nepal:

Hasil pertandingan
Kuwait (1-2) Indonesia
Yordania (2-0) Nepal

Klasemen sementara

No Tim Mn M S K MG-KG SG P
1 Yordania 1 1 0 0 2-0 2 3
2 Indonesia 1 1 0 0 2-1 1 3
3 Kuwait 1 0 0 1 1-2 -1 0
4 Nepal 1 0 0 1 0-2 -2 0

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya