SOLOPOS.COM - Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma. (JIBI/REUTERS/Ibraheem Al Omari)

Gianluigi Donnarumma disebut-sebut setuju memperpanjang kontrak bersama AC Milan.

Solopos.com, MILAN — Ketegangan antara AC Milan dengan aset termahal mereka, Gianluigi Donnarumma, sepertinya mulai mencair. Kiper potensial berusia 18 tahun tersebut dilaporkan sepakat meneken perpanjangan kontrak selama lima tahun alias sampai 2022 di San Siro.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Sebelumnya, negosiasi kedua kubu berjalan alot. Pihak Donnarumma yang diwakili agennya, Mino Raiola, disebut-sebut berniat membawa klienya hengkang ke klub lain. Hal itu tentu membuat Milan ketir-ketir karena kontrak Donnarumma akan berakhir Juni 2018.

Itu artinya, Donnarumma akan berstatus free transfer pada tahun depan jika Milan tidak menjual atau berhasil membujuknya untuk tanda tangan kontrak baru. Nilai kontrak baru Donnarumma disebut-sebut mencapai 5 juta poundsterling (Rp86,3 miliar) per tahun. Jumlah tersebut hanya separuh dari gaji yang perah disodorkan Paris Saint-Germain (PSG) yang menembus 13 juta poundsterling Rp224 miliar) per tahun.

Tentu ini menjadi kabar buruk bagi klub-klub yang meminati pemain yang akrab disapa Gigio tersebut. Sejauh ini, Real Madrid yang dikabarkan paling getol mendapatkan tanda tangan kiper dengan tinggi badan 1,96 meter itu.

Meski demikian, seperti dilansir dailymail.co.uk, Selasa (4/7/2017), sejumlah klub yang menginginkan Donnarumma masih bisa mendapatkannya dengan cara membayar klausul pelepasan sang kiper. Tapi inilai klausul pelepasan Donnarumma benar-benar fantatis, yakni 88 juta poundsterling (Rp1,5 triliun). Itu berarti jika Madrid atau tim-tim lain ingin emndapatkan Donnarumma maka mereka harus rela merogoh kocek 88 juta poundsterling tersebut.

Uniknya, nilai klausul pelepasan Donnarumma itu bisa menurun hingga 50% jika Milan tidak lolos ke Liga Champions. Jadi, klub-klub yang menginginkan Donnarumma hanya perlu membayar klausul pelepasannya menjadi 44 juta poundsterling (RP760 miliar).

Sudah menjadi rahasia umum, Presiden Madrid, Florentino Perez, dan  Pelatih Madrid, Zinedine Zidane, sangat tertarik mendatangkan Donnarumma ke Santiago Bernabeu. Perpanjangan kontrak Donnarumma ini pun sepertinya tidak lantas membungkam rumor transfer mengenai dirinya.

Madrid bisa jadi akan mengalihkan pandangannya kembali ke penjaga gawang asal Spanyol, David de Gea dibandingkan harus merogoh kocek 88 juta poundstering untuk membeli Donnarumma musim panas ini. Di sisi lain, kesepakatan Donnarumma menambah masa pengabdian di Milan sekaligus akan mencegah efek domino di bursa transfer. Sebelumnya, Madrid, juga dikabarkan menginginkan kiper Chelsea, Thiabut Courtois.

“Ada kata ‘tapi’…Raiola bukanlah Bunda Theresa, namun dia [Donnarumma] sendiri yang paham profesinya,” jelas mantan Pelatih Milan, Sinisa Mihajlovic, yang memberi Donnarumma kesempatan debut dengan Milan pada 2015, seperti dilansir Football-italia.net.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya