SOLOPOS.COM - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi menjalin kerja sama dengan PT Freeport Indonesia sebagai Official Sponsor Utama Tim Nasional Indonesia. (Istimewa/pssi.org)

Solopos.com, SOLO – Stadion Gelora Bung Tomo bergemuruh hebat. Sontekan kaki kanan Arkhan Kaka sukses membobol gawang Ekuador U-17 di laga perdana babak penyisihan Grup A Piala Dunia U-17, Jumat (10/11/2023) malam.

Para suporter yang memadati Stadion Gelora Bung Tomo merayakan gol itu dengan berteriak histeris. Semua bersuka cita, tanpa terkecuali Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyaksikan langsung laga tersebut di Stadion Gelora Bung Tomo.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Bahkan, Jokowi bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir terlihat meloncat kegirangan atas terciptanya gol dari striker jangkung yang jadi ujung tombak Timnas U-17 itu. Striker Persis Solo berusia 16 tahun itu mengukir sejarah setelah menjadi pencetak gol pertama Timnas Indonesia di ajang Piala Dunia U-17.

tinggi arkhan kaka striker timnas Indonesia di piala dunia u-17
Striker timnas Indonesia, Arkhan Kaka (kanan) berebut bola dengan pemain timnas Ekuador, Jairo Reyes, pada laga Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (10/11/2023). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Tak hanya Arkhan Kaka, Indonesia juga mengukir sejarah atas suksesnya penyelenggaraan event olahraga bergengsi bertajuk Piala Dunia U-17 yang diselenggarakan mulai 10 November hingga 2 Desember 2023. Mendapat kepercayaan penuh dari FIFA, Indonesia tidak menyia-nyiakan kesempatan emas untuk menyukseskan pesta olahraga paling populer di dunia itu.

Di bawah komando Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Indonesia mampu membuktikan bisa menjadi tuan rumah yang ramah bagi semua peserta Piala Dunia U-17 yang berasal dari 24 negara, termasuk Indonesia. Tidak ada gangguan berarti sejak proses pembukaan Piala Dunia U-17 hingga menjelang kick off babak final yang mempertemukan Jerman U-17 kontra Prancis U-17 diselenggarakan di Stadion Manahan Solo pada Sabtu (2/12/2023) malam.

Hal itu menjadi bukti bila Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik. Indonesia memberi pesan kepada dunia bila negara ini mampu menyelenggarakan event olahraga di level internasional. Apresiasi positif dikemukakan sejumlah pihak atas suksesnya penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Indonesia. Salah satunya dari Presiden FIFA Gianni Infantino.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Indonesia yang telah menjadi tuan rumah turnamen. Ini adalah kali pertama mereka menjadi tuan rumah turnamen FIFA dan ini adalah kali pertama Piala Dunia FIFA U-17 diadakan di Asia Tenggara,” kata Gianni Infantino seperti dilansir dari laman resmi FIFA.

Perjalanan Timnas U-17 memang terhenti di babak penyisihan grup setelah hanya meraih dua poin dari tiga laga yang dijalani. Namun, perjuangan Timnas U-17 patut diapresiasi mengingat lawan yang dihadapi di Piala Dunia U-17 ini jauh di atas level mereka.

Tentunya, tampil di turnamen bergengsi itu menjadi modal berharga bagi anak asuh Bima Sakti untuk mengukir prestasi di masa depan. Lima tahun ke depan, bisa jadi mereka akan menjadi tulang punggung skuat senior Timnas Indonesia yang bakal mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Dukungan PT Freeport Indonesia

Kesuksesan dalam menyelenggarakan Piala Dunia U-17 bisa diraih berkat dukungan banyak pihak. Selain pemerintah, PSSI dan induk sepak bola dunia FIFA, sejumlah perusahaan BUMN maupun perusahaan swasta turut berperan sebagai sponsor Timnas Indonesia dalam berbagai kegiatan. Salah satunya adalah PT Freeport Indonesia (PTFI) yang menjadi sponsor utama Timnas Indonesia.

Sebagai salah satu stakeholders, PTFI punya peran dalam mendukung pengembangan sepak bola nasional. Semangat korporasi untuk berkontribusi dalam misi mendukung sepak bola Tanah Air ini sejalan dengan transformasi PSSI menuju organisasi yang kuat, mandiri, dan profesional seperti yang dicanangkan Erick Thohir.

Seperti diketahui, PSSI resmi menjalin kerja sama dengan PTFI sebagai Official Sponsor Utama Timnas Indonesia. Hal ini tertuang dalam penandatanganan kerja sama yang dilakukan kedua belah pihak pada 27 September 2023 lalu. PT Freeport Indonesia menjadi Sponsor Utama (Official Main Sponsor) Tim Nasional Indonesia. Adapun durasi kontrak berlaku selama satu tahun hingga 2024 mendatang.

Kerja sama ini menambah kontribusi PTFI di bidang olahraga dan sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap perkembangan para atlet muda Indonesia. PTFI memberikan dukungan penuh kepada Timnas Indonesia berupa dana sponsor untuk satu tahun ke depan.

Dana sponsor itu akan dimanfaatkan sepenuhnya oleh PSSI untuk membiayai pengeluaran dan kegiatan Timnas sepak bola Indonesia pria dan wanita pada setiap kelompok umur. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan apresiasi yang tinggi kepada PTFI yang makin memperlihatkan konsistensi dan komitmen mendukung sepak bola nasional. Sebelumnya, PTFI juga terlibat dalam pengembangan talenta-talenta muda terbaik Papua melalui program Papua Football Academy.

“Saya percaya hanya dengan bersatu dan memberi dukungan semaksimal mungkin akan membawa Garuda terbang lebih tinggi dan menjadi salah satu tim yang disegani. Tak hanya di Asia Tenggara, tapi Asia dan selanjutnya dunia. Kehadiran PT Freeport Indonesia di Timnas membuktikan bahwa sepak bola semakin menarik, menjanjikan, dan punya potensi besar untuk terus mengukir tradisi prestasi,” ujar Erick Thohir seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas mengatakan dukungan perusahaan untuk Timnas adalah bagian dari wujud komitmen investasi sosial PTFI. “Kami sangat bangga bisa menjadi sponsor utama Tim Nasional Indonesia melalui PSSI. Hal ini tidak terlepas dari komitmen kami untuk berkontribusi terhadap kejayaan sepakbola Indonesia. Kami juga membangun sekolah sepak bola di Papua yang diresmikan oleh Presiden Jokowi, Papua Football Academy [PFA]. Semoga PFA bisa melahirkan bibit-bibit baru untuk menjadi timnas dan bisa mendunia,” ujar Tony.

Pesepak bola Timnas Indonesia Saddil Ramdani (kiri) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Filipina dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran kedua di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (21/11/2023). (Antara/HO-PSSI)

Di sisi lain, Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong saat ini masih berjuang di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Zona Asia. Sayang, dari dua laga awal yang dijalani, Saddil Ramdani dkk. hanya mampu mendulang satu poin setelah menahan imbang tuan rumah Filipina dengan skor 1-1. Sebelumnya, Skuat Garuda kalah 1-5 dari tuan rumah Iraq.

“Ya, kami memang baru mendapatkan satu poin dari dua pertandingan pertama. Tetapi kami masih mempunyai beberapa laga kandang, dan kami akan kuat saat bermain di lapangan sendiri. Saya tetap menyimpan keyakinan dan berpikiran positif bisa lolos dari grup,” jelas Shin Tae-yong seperti dilansir laman resmi PSSI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya