SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kompetisi internal Persis Solo akan menerapkan peraturan batas usia pemain.

Solopos.com, SOLO — Askot PSSI Solo segera mematangkan regulasi kompetisi internal yang kemungkinan akan bergulir akhir Februari 2016 mendatang. Aturan yang mendesak untuk segera diputuskan adalah soal batasan usia pemain. Panitia pelaksana pun menjadwalkan rapat pleno dengan berbagai bidang untuk membahas regulasi ini, pekan depan.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Beberapa waktu lalu Panpel menggulirkan aturan klub-klub peserta Divisi I hanya bisa mengikutkan pemain dari usia 17 tahun hingga U-23 ditambah lima pemain U-30. Sementara peserta Divisi II hanya boleh menyertakan pemain 17 tahun hingga U-21, plus lima pemain U-30. Sebanyak 26 klub internal akan ambil bagian dalam kompetisi ini.

“Panitia dan pengurus yang membidangi kompetisi terus mematangkan konsep. Syarat dan ketentuan soal batasan usia masih bisa diubah. Kami masih mengkajinya agar konsep kompetisi jelas,” papar Koordinator Bidang Kompetisi dan Pertandingan Askot PSSI Surakarta , Chaidir Ramli, kepada wartawan, Selasa (19/1/2016).

Aturan terkait batasan usia ini sempat mengundang kritik dari sejumlah tim. Hal ini karena tak semua tim punya pemain yang memadai untuk memenuhi persyaratan tersebut. Hanya sebagian tim yang memiliki pembinaan pemain dengan jenjang usia tertentu.

“Kalau di tempat kami tak masalah. Tapi, tak semua tim punya skuat junior. Saya kira sulit bila semua tim memenuhi aturan itu. Mungkin bisa dengan menggabungkan senior junior,” kata manajer PS MARS, Anjasmara.

Di samping itu, akan diberlakukan sistem degradasi. Divisi II dibagi 2 grup dengan setiap grup berisi 7 klub. Juara masing-masing grup berhak ke final dan otomatis promosi ke Divisi I. Selain itu, format ideal  setengah kompetisi mungkin akan dijalankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya