SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kompetisi Internal Persis Solo bakal digelar pada Februari 2016 mendatang.

Solopos.com, SOLO — Para pemain profesional tidak bisa leluasa untuk membela klub yang berlaga di Kompetisi Internal Asosiasi Kota (Askot) PSSI Solo. Mereka harus menunjukkan surat bukti telah mendapat izin dari klub lamanya.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Memang ada kemungkinan, klub-klub internal PSSI akan memakai jasa pemain profesional pada kompetisi yang rencananya bergulir Februari 2016 tersebut. Apalagi, sejumlah pemain tersebut juga jebolan dari klub-klub internal. Namun, penyelenggara kompetisi mewajibkan pemain tersebut harus menunjukkan tanda bukti pemberitahuan dari klub yang dibelanya.

“Jadi misal ada pemain Persis Solo yang mau membela salah satu klub internal, mereka harus tunjukkan ada pemberitahuan dari Persis. Jadi, tidak bisa asal-asalan,” jelas Ketua Bidang Kompetisi dan Pertandingan Askot PSSI Solo, Chaidir Ramli, dalam jumpa pers di Stadion Manahan, Solo, Senin (7/12/2015).

Kompetisi Internal akhirnya bakal kembali digulirkan setelah mengalami vakum sejak 2012 silam. Pada 2012, kompetisi ini hanya mandek sampai dua pertandingan, baik di Divisi I dan Divisi II, karena dualisme PSSI. Sementara pada 2013, PSSI Solo hanya bisa menggelar dengan format turnamen. Tahun lalu, bahkan PSSI Solo tidak mengagendakan sama sekali ajang bagi klub-klub internal tersebut.

Maka tak mengherankan apabila hanya sebagian klub yang tetap menjalankan roda kegiatan. Seperti di Divisi I, hanya sekitar tujuh dari 12 tim yang masih rutin mengikuti turnamen-turnamen amatir dan melakukan latihan. “Ya, seperti UNS, UTP, dan STER itu masih aktif. Di Divisi I ada tujuh klub yang aktif, lainnya pasif,” jelas Anggota Bidang Kompetisi dan Pertandingan Askot PSSI Solo, Triyanto.

Meski demikian, Askot PSSI Solo berencana tetap memberikan sanksi apabila ada tim yang absen pada Kompetisi Internal nanti. Bagi Divisi I, mereka akan dikenai hukuman degradasi ke Divisi II dan absen pada pertandingan berikutnya. Sementara bagi Divisi II, mereka bakal dihukum absen pada kompetisi berikutnya.

Klub-Klub Internal Askot PSSI Solo

Divisi I

No Klub

  1. MARS
  2. POP
  3. UNS
  4. Monas Asmi
  5. AT Farmasi
  6. TNH
  7. Massa
  8. UTP
  9. Pemda
  10. Ster
  11. MTA
  12. Sport

Divisi II

No Klub

  1. Indonesia Muda
  2. THOR
  3. PPP PMC
  4. Sparta
  5. Jupiter
  6. Angkasa
  7. Alwathoni
  8. Arseto
  9. Adidas
  10. HWM Unsa
  11. Unisri
  12. UMS
  13. AD Batik
  14. HW

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya