SOLOPOS.COM - Chelsea Vs Arsenal (Twitter)

Community Shield akan menjadi turnamen pertama yang menjajal konsep adu penalty ABBA.

Solopos.com, LONDON — Regulasi baru tentang adu penalti ABBA kali pertama akan dijajal pada laga Arsenal melawan Chelsea pada Community Shield di Stadion Wembley, London, Minggu (6/8/2017) pukul 20.00 WIB.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Jadi dalam konsep baru adu tos-tosan itu, algojo penalti Tim A dan Tim B tidak mengeksekusi penalti secara bergantian. Karena sistem lama itu dianggap kurang fair, karena penendang kedua Tim B akan lebih mendapat tekanan besar ketimbang penendang pertama Tim A, dan seterusnya.

Aturan  baru pun dibuat dengan konsep ABBA. Jadi penendang pertama adalah Tim A, kemudian dua penendang selanjutnya adalah Tim B, alias tidak diselang-seling. Jika diperinci maka urutannya menjadi AB BA AB menggantikan fotmat AB AB AB. Aturan ini sendiri terinspirasi dari format babak tie-breaks dalam olahraga tenis.

Nah aturan itu akan dijajal kali pertama jika Arsenal dan Chelsea bermain sama kuat dalam waktu normal. Rencananya adu penalti dengan konsep ABBA akan diterapkan pada Piala Liga musim depan.

“FA [Federasi Sepak Bola Inggri] mengumumkan perubahan urutan penendang penalti, konsep ini akan diuji coba pada laga Community Shield yang disponsori McDonald, ini kali pertama format baru akan dipakai dalam laga kompetitif di negara ini,” jelas pernyataan resmi FA, seperti dilansir standard.co.uk, Sabtu (5/8/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya