SOLOPOS.COM - Kontingen APG Indonesia bersama Menpora Zainudin Amali (tengah) didampingi Ketua umum National Paralympic Committees (NPC) Indonesia Senny Marbun (ketiga kanan) di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (25/7/2022). (Antara/Maulana Surya)

Solopos.com, SOLO – Sekretaris Pelaksana Inaspoc, Rima Ferdianto, mengungkapkan kontingen Indonesia akan memakai batik dengan motif spesial dalam defile upacara pembukaan ASEAN Para Games (APG) 2022 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2022).

Meski tak secara detail menyebutkan motifnya, Rima mengklaim masyarakat belum pernah menjumpai seragam seperti yang akan dikenakan skuad Merah Putih dalam acara pembukaan nanti.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Pada bagian depan, kata Rima, motif bakal menggambarkan sejumlah daerah di Indonesia. Sedangkan pada bagian belakang bernuansa merah dan putih.

“Mereka akan mengenakan seragam dengan motif batik spesial dan langka yang tidak ditemui masyarakat sebelumnya,” kata Rima kepada pewarta di Swiss-Belinn Saripetojo Solo, Jawa Tengah, Jumat (29/7/2022).

Baca Juga: Persiapan Arena Tenis Meja APG 2022 Dapat Pujian Menpora

Dalam pelaksanaan defile, Rima menjelaskan ada pembatasan jumlah setiap kontingen. “Paling banyak 30 orang setiap negara,” kata Rima.

Sebelumnya, dia juga mengungkapkan upacara pembukaan APG 2022 mengusung konsep yang berbeda dari multievent lainnya. Tribune penonton Stadion Manahan Solo bakal menjadi panggung wayang besar.

Baca Juga: Jadwal Liga 1 2022 dan Siaran Langsung Hari Ini, Ada PSIS Tantang Arema

Rima mengatakan selain untuk upacara pembukaan APG 2022, Stadion Manahan juga bakal dijadikan arena perlombaan cabang olahraga para-atletik.

“Ini multievent pertama yang menggunakan arena yang sama untuk upacara pembukaan dan perlombaan para-atletik,” kata Rima.

“Tribun penonton nantinya akan jadi panggung wayang. Sementara lapangan jadi tempat untuk penonton. Jadi setelah upacara pembukaan, Stadion Manahan bisa digunakan untuk perlombaan,” ujar Rima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya