SOLOPOS.COM - Pembalap MotoGP Eugene Laverty. Ist/Dokumentasi

Solopos.com, BARCELONA — Bintang WSBK, Eugene Laverty, resmi didaulat sebagai pembalap Aspar untuk mengarungi kompetisi MotoGP musim 2015.

Pembalap asal Irlandia itu akan meningkatkan levelnya ke kelas terbuka MotoGP dengan menunggangi motor Honda bermesin RC213V. Motor itu bakal melanjutkan standar ECU, tapi mendapat keuntungan dari pemakaian bahan bakar, mesin, serta pengujian dan konsensi ban.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Laverty telah memulai berpacu di World Superbike sejak 2011 bersama Yamaha, Aprilia, dan Suzuki. Dia meraih 13 kemenangan dan finis sebagai runner up Superbike musim lalu.

Pembalap berusia 28 tahun itu mengumumkan kepindahannya ke MotoGP lewat tim Crescent Suzuki pada 16 September lalu. Aspar menjadi tim pertama yang menyatakan minat menggandeng Laverty.

“Eugene Laverty adalah pembalap yang telah kami hubungi musim lalu, kami mencoba membuat kesepakatan kontrak dengan dia. Meski saat itu kontrak belum terwujud, kini dia menjadi pembalap yang tetap menarik minat kami,” kata Team Principal Aspar, Jorge Martinez, seperti dilansir crash.net, Kamis (2/10).

Martinez menilai Laverty merupakan pembalap dengan potensi tinggi. Dia terbukti mampu meraih hasil gemilang di balapan Supersport dan Superbikes meski menunggangi motor dari pabrikan berbeda setiap musim.

“Mungkin, dia [Laverty] memiliki keberuntungan yang selalu Anda butuhkan untuk memenangi gelar juara dunia. Saya yakin dia akan memberikan penampilan 100% saat memperkuat tim Drive M7 Aspar. Dia sangat siap melangkah di MotoGP,” imbuh dia.

“Tahun depan, kami akan memliki kekuatan baru, lebih kompetitif bersama Honda, dan mempunyai harapan besar dalam proyek MotoGP. Saya yakin dapat mencapai hasil hebat bersamaan,” imbuh Martinez.

Laverty bakal menggantikan posisi mantan juara dunia 250cc, Hiroshi Aoyama. Selain itu, Nicky Hayden juga ditawari kontrak oleh Aspar musim depan. Akan tetapi, Aspar belum bisa memastikan apakah dia bakal mendampingi Laverty. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya