SOLOPOS.COM - Chelsea memecat pelatih Graham Potter seusai tim asuhannya menelan kekalahan melawan Aston Villa pada lanjutan Liga Inggris, Sabtu (1/4/2023). (Instagram/@grahampotterofficiall).

Solopos.com, JAKARTA–Sebanyak 12 pelatih di sejumlah klub Liga Inggris dipecat pada musim 2022/2023 ini. Terbaru, Brendan Rodgers dan Graham Potter yang harus lengser dari Leicester dan Chelsea.

Rodgers dipecat Leicester setelah tim asuhannya kalah 1-2 dari Crystal Palace. Kekalahan ini membuat The Foxes terpuruk di zona degradasi dengan 25 poin dari 28 pertandingan.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Sementara itu, Potter dipecat seusai Chelsea tumbang di kandang dari Aston Villa dengan skor 0-2.

Mantan pelatih Brighton & Hove Albion itu dinilai gagal membawa skuad mewah hasil kucuran dana Todd Boehly untuk bersaing di papan atas Liga Inggris.

The Blues tercecer di peringkat ke-11 klasemen sementara dengan 38 poin, berjarak 34 poin dari pemuncak klasemen Arsenal.

Total ada 12 pelatih yang dipecat hingga pekan ke-29 Liga Inggris musim ini. Catatan itu juga menjadi rekor baru jumlah pelatih yang paling banyak dipecat di Liga Inggris, setelah sebelumnya terjadi di musim 2021/2022 di mana terdapat 10 pelatih yang dipecat.

Berikut 12 pelatih yang dipecat di Liga Inggris 2022/2023 hingga pekan ke-19 yang dihimpun dari berbagai sumber :

Scott Parker (30 Agustus 2022)
Scott Parker menjadi pelatih pertama yang dipecat di Liga Inggris musim ini.

Pelatih Bournemouth itu dipecat setelah menderita kekalahan memalukan dari Liverpool dengan skor 9-0. Parker kemudian digantikan oleh Gary O’Neil.

Thomas Tuchel (7 September 2022)
Thomas Tuchel dipecat Chelsea setelah menelan kekalahan di laga terakhir melawan Dinamo Zagreb dengan skor 1-0 di Liga Champions. The Blues kemudian menunjuk Graham Potter sebagai pengganti.

Bruno Lage (2 Oktober 2022)
Pelatih asal Portugal Bruno Lage dipecat Wolves setelah menjalani periode buruk di musim ini. Ia dipecat setelah Wolves menelan kekalahan 0-2 dari West Ham. Sebagai gantinya, Julen Lopetegui ditunjuk menukangi Wolves.

Steven Gerrard (20 Oktober 2022)
Steven Gerrard dipecat Aston Villa setelah mengalami kekalahan telak dari Fulham dengan skor 0-3. Gerrard kemudian digantikan oleh Unai Emery di kursi pelatih.

Ralph Hasenhuttl (7 November 2022)
Pelatih Southampton Ralph Hasenhuttl menjadi korban kelima sebagai pelatih Liga Inggris yang dipecat musim ini. Hasenhuttle dipecat setelah serangkaian hasil buruk yang puncaknya dikalahkan Newcastle dengan skor 1-4.

Hasenhuttl dipecat setelah melatih The Saints selama lima tahun.

Frank Lampard (23 Januari 2023)
Frank Lampard dipecat Everton setelah kurang lebih 12 bulan melatih klub yang bermarkas di Goodison Park tersebut.
Lampard adalah sosok yang menyelamatkan Everton dari jurang degradasi pada musim lalu.

Namun, performa buruknya di musim ini membuatnya dipecat dan diganti oleh Sean Dyche.

Jesse Marsch (6 Februari 2023)
Jesse Marsch dipecat Leeds United setelah gagal meraih kemenangan dalam tujuh pertandingan terakhir. March sebelumnya menggantikan Marcelo Bielsa pada Februari 2022.

Selama melatih Leeds, pelatih asal Amerika itu meraih 11 kemenangan, 10 imbang, dan 16 kekalahan dari total 37 total pertandingan di seluruh kompetisi.

Nathan Jones (12 Februari 2023)
Nathan Jones adalah pengganti Hasenhuttl di kursi pelatih Southampton. Pelatih asal Wales tersebut dipecat setelah Southampton mengalami kekalahan dari 10 pemain Wolves dengan skor 1-2.

Patrick Vieira (17 Maret 2023)
???????Patrick Vieira adalah korban keganasan Liga Inggris selanjutnya. Mantan gelandang Arsenal itu dipecat seusai gagal mempersembahkan kemenangan untuk Crystal Palace dalam 12 pertandingan terakhir.

Antonio Conte (26 Maret 2023)
Antonio Conte diberhentikan Tottenham Hotspur dari kursi pelatih setelah menjabat selama 16 bulan.

Pelatih asal Italia itu dipecat setelah melontarkan kata-kata kasar seusai timnya mendapatkan hasil imbang dengan skor 3-3 melawan Southampton.

Selama melatih Spurs, Conte mencatatkan 41 kemenangan, 12 imbang, dan 23 kekalahan dari total 76 pertandingan di seluruh kompetisi.

Brendan Rodgers (2 April 2023)
Brendan Rodgers dipecat Leicester City setelah menderita kekalahan melawan Crystal Palace dengan skor 1-2 di laga terakhir.



Di musim ini, Rodgers tak mampu berbuat banyak untuk membuat The Foxes setidaknya bersaing di papan tengah. Leicester saat ini berada di zona merah, tepatnya di posisi ke-19 dengan 25 poin.

Graham Potter (2 April 2023)
Beberapa saat setelah pemecatan Rodgers dari pelatih Leicester, korban terakhir yang merasakan ganasnya Liga Inggris adalah Graham Potter.

Pemecatan Potter tidak terlepas dari penampilan Chelsea yang memburuk kala diasuhnya.

Meski diberikan pemain-pemain mewah oleh Todd Boehly, Potter dirasa gagal membawa Chelsea bersaing di papan atas karena saat ini hanya sanggup bertengger di posisi ke-11 dengan 38 poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya