SOLOPOS.COM - Chuck Blazer (Reuters/Arnd Wiegmann/Files)

Korupsi FIFA mulai terkuak. Salah seorang pejabat tinggi FIFA mengaku terlibat aksi suap Piala Dunia 1998 dan 2010.

Solopos.com, ZURICH — Salah seorang pejabat FIFA, Chuck Blazer, mengaku terlibat aksi suap Piala Dunia 1998 – Prancis dan Piala Dunia 2010 – Afrika Selatan. Korupsi FIFA memang menjadi sorotan dunia, setelah sembilan pejabatnya ditangkap FBI, Rabu (27/5/2015) lalu.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Chuck Blazer  menjadi anggota Komite Eksekutif FIFA sejak 1996 hingga 2013. Kasus korupsi FIFA mulai terkuak sejak Blazer ditangkap FBI bersama delapan pejabat FIFA dua pekan lalu.

Blazer mengaku sepakat dengan seseorang pada 1992 untuk ikut memfasilitasi aksi suap yang berhubungan dengan pemilihan tuan rumah Piala Dunua 1998. “Saya bekerja sama dengan seseorang pada 1992 untuk terlibat aksi suap dalam pemilihan tuan rumah Piala Dunia 1998,” ujar Chuck Blazer seperti dilansir Bbc.co.uk, Kamis (4/6/2015).

Chuck Blazer juga membuat pengakuan mengejutkan terkait pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2010 yang membuat Afrika Selatan terplih. “Pada awal 2004 hingga 2011, saya dan beberapa anggota Komite Eksekutif FIFA terlibat dalam aksi suap pada pemilihan tuan rumah Piala Dunia 200 lalu,” ujar Blazer.

Sebagaimana dilansir Reuters, Kamis, Sepp Blatter akhirnya mengundurkan diri sebagai Presiden FIFA karena masalah korupsi yang melibatkan beberapa pejabat tingginya. Jerome Champagne, Wolfgang Niersbach, Domenico Sala, dan Jerome Valcke, serta Michel Platini disebut-sebut sebagai calon pengganti Blatter sebagai Presiden FIFA.

Setelah Sepp Blatter mengundurkan diri, Blatter juga akan segera diperiksa terkait korupsi FIFA agar kasus memalukan dunia sepak bola itu cepat tuntas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya