SOLOPOS.COM - Atlet parabadminton Indonesia, Leani Ratri Oktila (kedua dari kiri) dan Suryo Nugroho (kanan), berfoto bersama penyelenggara Indonesia Para Badminton International 2023 dalam konferensi pers, Senin (4/9/2023). (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO – Kota Solo menjadi tuan rumah kejuaraan bulu tangkis Indonesia Para Badminton International 2023 di GOR Sritex Arena Solo pada 5 hingga 10 September 2023. Sebanyak 131 atlet dari 16 negara bakal bersaing di ajang ini untuk memperebutkan gelar juara pada turnamen grade 2 level 3 dalam kalender Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) tersebut.

Ajang ini terdapat 22 nomor pertandingan tunggal dan ganda di sektor WH 1, WH 2, SL 3, SL 4, SU 5, hingga SS 6. Ratusan atlet dari berbagai negara ini juga memperebutkan total hadiah sebesar US$10.000 atau sekitar Rp150 juta. Selain itu, turnamen ini juga menjadi ajang bagi atlet mengumpulkan poin untuk berlaga di Paralimpiade Paris pada 2024 mendatang.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Head of Corporate Affair PT Savoria Kreasi Rasa, Ryne Anggia Prawesti dalam sesi jumpa pers sebelum turnamen, Senin (4/9/2033) memgatakan ajang ini ajang unjuk kemampuan dan mengasah potensi diri atlet agar mampu meningkatkan prestasi di level internasional. Dengan demikian, diharapkan kilauan prestasi para atlet semakin bersinar guna menyongsong hajatan olahraga disabilitas terbesar di dunia yakni Paralimpiade Paris 2024.

Sebuah kehormatan bagi FOX’S bisa kembali berpartisipasi di Indonesia Para Badminton International 2023. FOX’S dengan komitmen penuh ingin mendukung atlet para badminton untuk kilaukan semangat juang dalam menaklukan segala limitasi dan tantangan dalam meraih prestasi,” kata Ryne.

Dia menambahkan di tahun ini penyelenggara mengusung tema yang sama yakni Sparkle Your Energy. Ryne mengatakan dia yakin atlet para badminton dapat memberikan motivasi.

“Semoga acara FOX’S Indonesia Para Badminton 2023 ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Last but not least, Let’s smash your limitation and sparkle your energy,” ujar dia.

Perwakilan Bakti Olahraga Djarum Foundation Lius Pongoh berharap atlet para badminton Indonesia yang berlaga pada turnamen ini dapat mempertahankan gelar juara umum seperti yang sudah ditorehkan pada FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022. Saat itu dari 18 kategori yang dipertandingkan, atlet-atlet Indonesia sukses menyabet 17 gelar juara.

Wakil Sekretaris Jenderal National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto yang juga Ketua Panitia Pelaksana FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 menuturkan para atlet telah berlatih sejak jauh-jauh hari agar mampu memberikan penampilan optimal di atas arena.

Sejumlah kemenangan di ajang ASEAN Para Games beberapa bulan lalu juga menjadi suntikan semangat tersendiri bagi para atlet dalam berlaga di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 nanti.

“Tahun ini, targetnya memang mempertahankan juara umum dan memperoleh tambahan poin race to Paris 2024. Walaupun peserta jauh lebih banyak dibanding tahun kemarin, kami optimistis bisa mencapai target tersebut,” ujar Rima.

NPC Indonesia akan menurunkan atlet terbaiknya seperti peraih medali emas Paralimpiade 2020 Tokyo, Leani Ratri Oktila. Mengacu pada peringkat BWF hingga minggu ke-34 di tahun ini, Ratri berada di peringkat pertama bersama rekannya Khalimatus Sadiyah di nomor ganda putri SL3-SU5. Di sektor lainnya yakni ganda campuran SL3-SU5, Ratri juga digdaya di peringkat pertama bersama Hikmat Ramdani. Bersama Hikmat pula, Ratri berada di posisi terdepan Race to Paris 2024 dengan 59.500 poin.

 “Tahun lalu saya tidak ikut karena baru saja melahirkan. Tentunya saya sangat antusias bisa bermain di turnamen ini dan berharap bisa membantu Indonesia mempertahankan gelar juara umum,” kata Ratri.

Tak hanya Ratri, skuad Indonesia juga akan diperkuat oleh peraih medali perunggu Paralimpiade 2020 Tokyo, Suryo Nugroho. Pemain tunggal putra SU5 tersebut saat ini menghuni peringkat 4 besar dunia.

Pada tahun ini, Suryo sudah mengoleksi dua medali perak melalui ajang Thailand Para Badminton International 2023 serta Bahrain Para Badminton International 2023. Dalam pengumpulan poin menuju Paris 2024, Suryo berada di peringkat lima dengan 42.374 poin.

Target saya pribadi di turnamen ini adalah bermain sebaik mungkin sehingga bisa meraih podium tertinggi karena itu juga berarti memudahkan jalan saya berlaga di Paris 2024 nanti,” kata Suryo yang akan terjun di dua nomor yakni Tunggal Putra SU5 dan Ganda Putra SU5 tersebut.

Di sisi lain, negara yang akan mengikuti FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 yakni Australia, India, Bangladesh, Indonesia, Iran, Kuwait, Kyrgyzstan, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura, Sri Lanka, Suriah, Timor Leste, dan Turki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya