SOLOPOS.COM - Militan ISIS (Istimewa/qdnd.vn)

Solopos.com, QARAQOSH – Krisis Irak masih berlangsung.  Kota Qaraqosh yang merupakan kota berpenduduk nonmuslim terbesar di Irak menjadi sasaran kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) untuk memperluas daerah kekuasaan. Akibat serangan yang dilakukan di kota tersebut, ribuan penduduk terpaksa mengungsi ke beberapa daerah yang dianggap aman.

“Saya sekarang tahu bahwa kota-kota Qaraqosh, Tal kayf, Bartella, dan Karamlesh telah dikosongkan  dan sekarang di bawah kendali militan,” ujar Joseph Thomas, Uskup Agung Kasdim Kirkuk dan Sulaimaniyah sebagaimana dikutip Alarabiya (7/8/2014).

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Seluruh wilayah di daerah Irak Utara, yang merupakan kota berpenduduk nonmuslim terbesar di negara itu telah jatuh ke pada kekuasaan kelompok ISIS. Di kota tersebut ribuan orang dipaksa meninggalkan rumah sehingga membuat mereka terpaksa mengungsi.

Selain mengusir masyarakat, kelompok militan ISIS juga menghancurkan manuskrip G di tempat-tempat ibadah. Dilansir Telegraph, Kamis (7/8/2014), salah satu pendeta di Irak, Louis Sako mengatakan, warga mengungsi tanpa membawa barang apapun kecuali baju di tubuh mereka. Dengan berjalan kaki mereka bersama-sama melintasi wilayah Kurdi, Irak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya