SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/ REUTERS/Alessandro Garofalo)

Solopos.com, LEIPZIG – Laga hidup mati akan tersaji saat Kroasia berhadapan dengan Italia di pertandingan pamungkas Grup B Euro 2024 di Reb Bull Arena Leipzig, Jerman, Selasa (25/6/2024) pukul 02.00 WIB. Laga ini akan disiarkan langsung di RCTI.

Kedua negara tampak cukup kesulitan di Euro 2024, kedigdayaan Spanyol membuat Krosia dan Italia harus menggantungkan nasib di pertandingan terakhir penyisihan grup untuk lolos ke Babak 16 Besar. 

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Kroasia memulai Euro 2024 dengan kekalahan telak dari Spanyol dengan skor 3-0. Di pertandingan kedua, Kroasia mengalami kesulitan saat melawan Albania. Mereka bahkan kecolongan di menit-menit akhir dan harus puas dengan hasil akhir 2-2.

Baru mengemas satu poin, Kroasia kini menempati posisi juru kunci Grup B. Hanya kemenangan yang bisa membuka langkah Vatreni (julukan Kroasia) untuk lolos ke Babak 16 Besar. Dengan catatan, Albania gagal menang atau kalah melawan Spanyol di pertandingan lainnya.

Apa yang salah dari Kroasia? Tim asuhan Zlatko Dalic ini diisi dengan skuad yang mewah dan berpengalaman di Euro 2020 hingga UEFA Nations League. Zlatko Dalic juga tidak mengubah banyak hal dalam skema bermain. Formasi 4-3-3 dengan satu gelandang jangkar masih menjadi andalan.

Luka Modric-Mateo Kovacic-Marcelo Brozovic masih menjadi trio andalan di lini tengah. Ketiganya masih menjadi motor serangan Kroasia di Euro 2024. Tetapi, lini tengah Kroasia terbukti sangat mudah dijebol lawan-lawan mereka di Euro 2024.

Laga melawan Albania menjadi contoh rapuhnya lini tengah Kroasia. Kebobolan cepat melalui Qazim Laci di menit ke-11, Kroasia meninggalkan celah sangat besar di lini tengah yang memudahkan Yiber Ramadani membuka celah di lini belakang Kroasia. 

Gol kedua Albania juga tidak jauh berbeda, kelengahan di menit-menit akhir membuat Klaus Gjasula kembali menaklukkan Dominik Livakovic dari jarak dekat. Dari gol tersebut, nampak tidak ada satupun pemain lini tengah Kroasia yang mendeteksi pergerakan Gjasula sebelum masuk ke kotak penalti. Hanya Luka Modric yang sempat berusaha memotong jalur bola dari sisi kiri kepada Gjasula, tetapi terlambat.

Tentu, hal ini tidak boleh kembali terjadi di lini tengah Kroasia jika ingin lolos ke Babak 16 Besar. Melawan Italia, kesalahan sekecil apapun bisa berakibat fatal bagi pertahanan mereka di laga ini. Luka Modric sekali lagi harus menunjukkan tajinya sebagai motor serangan Kroasia untuk membawa negaranya melaju ke Babak 16 Besar.

Italia juga tidak begitu meyakinkan di Euro 2024. Menang tipis 2-1 dari Albania di laga perdana, tim asuhan Luciano Spaletti ini masih belum menemukan sentuhannya di Euro 2024. Kemenangan atas Albania pun secara permainan tidak begitu meyakinkan.

Di laga kedua melawan Spanyol, semua lini permainan Italia dengan mudah ditembus lawan. Italia dihajar 20 tembakan, 9 di antaranya tepat sasaran, berbanding satu tembakan tepat sasaran dari Italia. Gli Azzurri benar-benar dipermainkan Spanyol selama 90 menit laga.

Pendekatan 4-2-3-1 ala Spaletti memang membuat Italia lebih kokoh di lini tengah dan punya layer pertahanan yang cukup tebal. Tetapi, ini mudah dieksploitasi karena lambatnya mereka dalam transisi. Selain itu, Italia juga tidak punya gelandang kreatif yang diberikan peran untuk membuka pertahanan lawan.

Hampir semua gelandang-gelandang Italia semua bertipe pekerja dengan kemampuan utama untuk memenangkan duel di lini tengah. Meski begitu, mereka masih punya Nicolo Barella yang saat tertentu, bisa menjadi pembeda sekaligus memberi warna bagi serangan Italia di laga ini.

Perkiraan susunan pemain

Kroasia (4-3-3)

Dominik Livakovic; Josip Stanisic, Josip Sutalo, Marin Pongracic, Josko Gvardiol; Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, Luka Modric; Ante Budimir, Lovro Majer, Andrej Kramaric

Pelatih: Zlatko Dalic

Italia (4-2-3-1)

Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Alessandro Bastoni, Riccardo Calafiori, Federio Di Marco; Nicolo Barella, Jorginho; Davide Frattesi, Lorenzo Pellegrini, Federico Chiesa; Gianluca Scamacca

Pelatih: Luciano Spaletti

Head to head

  • Piala Dunia 2002

(8/6/2002)

Italia vs Kroasia, 1-2

  • Uji Coba

(16/8/2006)

Italia vs Kroasia, 0-2

  • Euro 2012

(14/6/2012)

Italia vs Kroasia, 1-1



  • Kualifikasi Euro 2016

(16/11/2014)

Italia vs Kroasia, 1-1

  • Kualifikasi Euro 2016

(12/6/2015)

Kroasia vs Italia, 1-1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya