SOLOPOS.COM - Pelatih Jerman akan memperbaiki fokus timnya dalam tiap laga. Ist/topnews.in

Solopos.com, BERLIN— Status sebagai juara Piala Dunia 2014 tak serta merta membuat segalanya berjalan mudah untuk Jerman di babak kualifikasi Euro 2016. Sebaliknya, tim berjuluk Der Panzer itu harus bekerja keras menjelang lawan Gibraltar demi menjaga peluang berlaga di turnamen akbar Eropa itu dua tahun tahun ke depan.

Hal itu tidak lepas dari hasil buruk yang didapatkan Jerman dalam dua pertandingan kualifikasi sepanjang Oktober lalu. Saat itu, skuat besutan Joachim Loew itu menelan kekalahan 0-2 dari Polandia sebelum dipaksa bermain imbang 1-1 oleh Republik Irlandia dalam pertandingan berikutnya.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Dampaknya, Mario Goetze dkk. baru mengoleksi nilai empat dari tiga laga sejauh ini dan membuat mereka tercecer di urutan ketiga klasemen Grup D. Jerman tertinggal tiga angka dari Polandia dan Republik Irlandia yang berbagi tempat di dua posisi teratas dengan masinig-masing mengantongi tujuh poin.

Pelatih Jerman, Joachim Loew, mengungkapkan kekalahan dan hasil imbang beruntun kontra Polandia dan Irlandia disebabkan timnya tidak bermain dengan fokus. Kesalahan yang sama tidak boleh terulang jika skuat Bavaria tidak ingin menelan kekecewaaan yang sama dalam laga kualifikasi melawan Gibraltar, akhir pekan ini.

“Terakhir kali kami melewatkan beberapa hal dan tidak bermain dengan fokus yang benar. Kelalaian itu sudah seharusnya diperbaiki,” kata Loew dilansir citizen.co.za, Rabu (12/11).

Di atas kertas, Gibraltar jelas bukan lawan sepadan bagi Jerman. Namun, Der Panzer wajib waspada mengingat mereka pun tidak dalam kondisi ideal. Selain itu, kekalahan dari Polandia dan hasil imbang kontra Irlandia menunjukkan skuat Joachim Loew belum benar-benar dalam performa terbaik.

Jerman tidak akan diperkuat Marco Reus yang kembali dibekap cedera lutut, baru-baru ini. Hal itu membuat dirinya tidak berlaga dalam tiga pertandingan kualifikasi secara beruntun setelah sebelumnya juga absen menghadapi Polandia dan Irlandia.

Manajer Timnas Jerman, Olivier Bierhoff, menyebut Reus adalah sosok pemain krusial dan kehilangan dirinya akan menjadi sebuah pukulan telak. Namun di sisi lain, ia optimistis Der Panzer akan kembali ke jalur kemenangan ketika meladeni Gibraltar, akhir pekan ini.

“Akan sangat tidak menyenangkan bermain tanpa Marco [Reus] yang sedang dalam performa bagus. Tetapi, sangat penting memikirkan tim dalam jangka panjang untuk mereka yang mengalami cedera dan menemukan ritme mereka kembali,” ujar Bierhoff.

“Kami memiliki kualitas untuk mengalahkan Gibraltar dan menghadapi Spanyol. Kami akan tampil sebagai juara dunia di mana itu adalah sebuah kehormatan sekaligus kewajiban untuk tampil dalam level performa tertentu,” lanjutnya.

Gibraltar memang hanya satu dari dua tim yang akan dihadapi Jerman sepanjang jeda internasional bulan ini. Empat hari setelah menentang rivalnya di Grup D kualifikasi Euro 2016 itu, Der Panzer akan menantang Spanyol dalam sebuah laga uji coba. (Triyono/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya