SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kualifikasi Euro Cup 2016 antara Republik Ceko vs Turki berakhir dengan kemenangan Turki 0-2.

Solopos.com, PRAHA — Belanda kini dalam posisi terjepit, setelah Turki menang 2-0 atas Republik Ceko. Kemenangan ini membuat Turki di ambang lolos ke babak play-off kualifikasi Euro 2016 –yang artinya bikin Belanda tersingkir.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Turki dan Belanda tengah bersaing memperebutkan tiket ke babak play-off. Keduanya sudah dipastikan tidak bisa lolos langsung ke putaran final Piala Eropa 2016 lantaran jatah lolos langsung dari Grup A sudah diambil Islandia dan Republik Ceko.

Belanda sempat melangkahi Turki di papan klasemen setelah menang 2-1 atas Kazakhstan. Namun, beberapa jam kemudian, Turki kembali berada di atas Belanda berkat kemenangan 2-0 atas Republik Ceko.

Dengan kemenangan atas Republik Ceko itu, Turki menduduki posisi ketiga dengan koleksi nilai 15. Sementara, Belanda berada di posisi keempat dengan koleksi nilai 13.

Pada pertandingan yang berlangsung di Generali Arena, Praha, Minggu (11/10/2015) dinihari WIB, Turki sebenarnya relatif kalah dominan dari Republik Ceko di babak pertama. Kendati bisa menciptakan 4 attempts, tidak satu pun percobaan mencetak gol Turki tepat sasaran. Sebaliknya, Republik Ceko –yang memenangi 61% ball possession– punya 5 attempts dan juga tidak ada satu pun yang mengarah tepat sasaran.

Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-62, Turki seperti dilansir detiksport akhirnya memecah kebuntuan setelah Filip Novak melakukan pelanggaran terhadap Serdar Aziz di kotak penalti. Turki pun mendapatkan penalti. Selcuk Inan yang menjadi eksekutornya menjalankan tugas dengan baik menaklukkan kiper Republik Ceko, Tomas Vaclik.

Setelah gol itu, Turki tampil menekan pertahanan Republik Ceko. Hasilnya, pada menit ke-80, mereka menggandakan keunggulan lewat gol Hakan Calhanoglu. Gol bermula dari tusukan yang dilakukan Arda Turan dari kiri. Gelandang Barcelona itu lantas mengirimkan umpan lob ke sisi kanan, di mana Calhanoglu sudah menunggu. Calhanoglu lantas menyelesaikannya dengan sepakan kaki kanan yang akurat.

Kini, siapa wakil Grup A yang akan bermain di babak play-off akan ditentukan di matchday terakhir, 14 Oktober 2015. Turki akan menjamu Islandia, sementara Belanda akan menjamu Republik Ceko.

Turki unggul catatan head-to-head atas Belanda di Grup A. Untuk bisa bermain di babak play-off, mereka cukup bermain imbang dengan Islandia. Sementara, Belanda harus menang atas Republik Ceko sembari berharap Turki takluk dari Islandia. (JIBI/SOLOPOS)

Susunan Pemain
Republik Ceko:
Vaclik, Kaderabek, Prochazka, Suchy, Dockal (Petrzela 78), Pavelka, Krejci (Skalak 54), Novak, Darida, Sural (Skoda 68), Lafata.

Turki: Babacan, Ozbayrakti, Balta, Aziz, Inan, Arda (Tore 86), Ozyakup (Topal 87), Tufan, Erkin, Calhanoglu, Tosun (Sen 64).

Pemain Turki Hakan Balta melompat berebut bola lawan pemain Ceko Milan Skoda. JIBI/Rtr/David W Cerny

Pemain Turki Hakan Balta melompat berebut bola lawan pemain Ceko Milan Skoda. JIBI/Rtr/David W Cerny

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya