SOLOPOS.COM - Trianingsih (JIBI/SOLOPOS/dok)

Semarang (Solopos.com) – Pelari nasional asal Jawa Tengah, Trianingsih, masih menunggu hasil lomba lari maraton di SEA Games XXVI untuk menentukan lolos-tidaknya pada PON XVII/2012 Riau.

Ketua Komisi Pembinaan dan Prestasi Pengprov PASI Jawa Tengah, Heri Setiono ketika dihubungi, Rabu (28/9/2011), mengatakan Trianingsih tidak turun pada babak kualifikasi PON lari maraton di Palembang beberapa waktu lalu. “Saat ini Trianingsih sedang konsentrasi tampil di SEA Games yang kurang dua bulan lagi sehingga tak turun di kualifikasi maraton di Pelambang,” katanya.

Tetapi, menurut dia, untuk menentukan kelolosan Trianingsih akan dilihat saat yang bersangkutan tampil pada lari maraton (42,195 kilometer) pada pesta olahraga multievent antarnegara Asia Tenggara mendatang. Sekarang ini Trianingsih sudah lolos ke PON 2012 untuk nomor lari 5.000 meter dan 10 ribu meter melalui ajang kejuaraan atletik Asia di Jepang beberapa waktu lalu.

Padahal dari peraih dua medali emas SEA Games 2009 Laos tersebut diharapkan bisa menyumbangkan tiga medali emas untuk Jateng pada pesta olahraga multievent empat tahunan di Riau mendatang. Selain dari dua nomor tersebut (lari 5.000 dan 10 ribu meter), juga dari nomor lari maraton. Sampai kini Jateng baru meloloskan empat atlet untuk nomor maraton, yaitu Ari Swandana, Romli Umarela, dan Noce Matital (putra), serta Unik Setyorini (putri). Bahkan Noce Matital lolos ke PON tidak melalui babak kualifikasi di Palembang tetapi melalui lomba lari maraton Thailand Open beberapa waktu lalu dengan catatan waktu dua jam 40 menit.

Unik Setyorini yang tercatat sebagai atlet pelatnas SEA Games sebenarnya tidak harus menyelesaiakan jarak yang harus ditempuh pada lari maraton di Palembang tetapi hanya menempuh 20 kilometer tetapi Unik menyelesiakan semuanya dan menempati peringkat kedua. Unik masuk garis finish dengan catatan waktu tiga jam 19 menit 15 detik, sedangkan juara pertama direbut pelari pelatnas asal Jabar, Supriati Sutono.

Apabila Trianingsih lolos di nomor maraton maka jumlah atlet dari cabang atletik Jateng yang lolos ke PON sebanyak 40 orang termasuk atlet nasional seperti Trianingsih, Suryo Agung Wibowo, Agus Prayogo, Dwi Ratnawati dan Unik Setyorini.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya