SOLOPOS.COM - AS Monaco (JIBI/REUTERS/Jean-Pierre Amet)

Solopos.com, JAKARTA-- Kylian Mbappe memimpin Paris Saint-Germain mempertahankan trofi Piala Prancis selepas membekuk AS Monaco 2-0 dalam partai final di Stade de France, Saint-Dennis, Rabu (19/5/2021) waktu setempat atau Kamis (20/5/2021) WIB.

Mbappe berkontribusi besar atas raihan kali ini setelah menyajikan assist untuk gol pembuka yang dicetak Mauro Icardi sebelum menjebol gawang Monaco melengkapi kemenangan PSG di pengujung laga.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Mauricio Pochettino meraih trofi keduanya hanya dalam kurun waktu lima bulan lebih melatih PSG, setelah memenangi Trophee des Champions (setara Community Shield) pada pertengahan Januari lalu.

Seperti dilansir Antaranews dari laman resmi FFF, Kamis, PSG semakin mantap sebagai tim tersukses di kancah Piala Prancis dengan koleksi 14 trofi juara, yang enam di antaranya mereka raih dalam tujuh musim terakhir.

Baca juga: Adu Banteng Motor Vs Motor di Bulu Sukoharjo, Bakul Cilok Meninggal Seketika

Mbappe dkk tampil agresif sejak awal laga, hampir tak memberikan ruang serangan bagi Monaco dan dominasi itu dilegalisir dengan keberhasilan Icardi membuka keunggulan PSG pada menit ke-19.

Gol itu sepenuhnya kreasi dari Mbappe, yang merebut bola dari penguasaan Axel Disasi di luar kotak penalti Monaco sebelum ia berhadapan satu lawan satu dengan kiper Radoslaw Majecki.

Alih-alih bersikap egois, Mbappe mengirimkan umpan tarik kepada Icardi yang berdiri bebas dan tinggal menyontek bola ke gawang yang sudah tak bertuan.

Baca Juga: Ketat Jalankan Protokol Kesehatan, Persis Solo Swab Pemain Sepekan Sekali

Serangan Selalu Patah

Monaco berusaha keras untuk mencetak gol balasan, tetapi serangan mereka selalu patah sebelum bisa memasuki pertahanan PSG.

Keunggulan PSG bertahan hingga turun minum dan Niko Kovac berusaha mengubah keadaan dengan memasukkan Krepin Diatta menggantikan Ruben Aguilar saat mengawali babak kedua.

Pergantian itu sempat mengubah atmosfer permainan Monaco yang nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-51, ketika umpan tarik Caio Henrique disambut tembakan sentuhan pertama Wissam Ben Yedder, tetapi kiper Keylor Navas melakukan penyelamatan menghalau bola menggunakan dadanya.

Baca juga: Rating Facebook Turun Drastis, Dihujani Bintang 1

Peluang-peluang Monaco terus tak membuahkan hasil, termasuk tembakan Gelson Martins yang membentur mistar gawang dan sepakan voli Diatta masih bisa diamankan Navas.

Mbappe akhirnya betul-betul menggandakan keunggulan PSG dengan tembakan congkel yang memperdaya Majecki memanfaatkan umpan terobosan Angel Di Maria. Wasit Francois Letexier dan VAR sempat meninjau dugaan offside sebelum mengesahkan gol tersebut.

Monaco terus berjibaku, tapi peluang lain yang tercipta semenit jelang bubaran waktu normal lewat sepakan Stevan Jovetic masih melenceng di sisi kiri gawang dan PSG cukup nyaman menjaga keunggulan hingga peluit tanda laga usai terdengar.

Kemenangan Piala Prancis jelas jadi suntikan semangat bagi PSG yang tengah memburu gelar juara Liga Prancis hingga rangkaian laga pekan pemungkas nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya