SOLOPOS.COM - Patung Qasem Soleimani yang membuat laga Liga Champions Asia 2023 Sepahan FC vs Al Ittihad batal. (Istimewa/Bisnis.com).

Solopos.com, SOLO–Laga Liga Champions Asia 2023 Sepahan FC vs Al Ittihad gagal digelar karena patung yang terletak di pinggir lapangan.

Tim asal Iran Sepahan FC dijadwalkan menjamu tim Liga Arab Saudi Al Ittihad di Stadion Naghsh-e-Jahan dalam lanjutan Liga Champions Asia 2023/2024, Senin (2/10/2023) malam WIB.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Namun, pertandingan tersebut urung digelar karena pihak Al Ittihad menolak untuk bertanding. Al Ittihad enggan masuk ke lapangan yang sudah dipadati sekitar 60.000 penggemar karena sebuah patung di pinggir lapangan.

Patung Jenderal Iran Qasem Soleimani dipasang di belakang bench wasit keempat tepat di tengah jalur masuk pemain ke lapangan. Aksi Al Ittihad menolak bertanding tersebut ditanggapi cepat oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

AFC membatalkan pertandingan tersebut pada menit-menit akhir karena muncul masalah tak terduga. “AFC menegaskan kembali komitmen untuk memastikan keselamatan dan keamanan para pemain, ofisial pertandingan, penonton, dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat. Masalah ini sedang ditinjau oleh komite terkait,” bunyi pernyataan AFC terkait pembatalan laga Sepahan vs Al Ittihad, Selasa (3/10/2023).

Patung Qasem Soleimani dipermasalahkan oleh Al Ittihad karena dinilai membawa unsur politik dalam pertandingan sepak bola. Soleimani adalah Jenderal Iran yang tewas terbunuh di dekat bandara Baghdad akibat serangan pesawat tak berawak (drone) Amerika Serikat (AS) pada Januari 2020.

Oleh Pemerintah Arab Saudi, Soleimani ditetapkan sebagai teroris pada 2018 bersama perwira pasukan Quds Garda Revolusi Iran. Hubungan Iran dan Arab Saudi memang terbilang tak harmonis sejak cukup lama.

Bahkan ini adalah kali pertama tim Arab Saudi dan Iran bertemu di Liga Champions Asia dengan format kandang-tandang. Sebelumnya, perjumpaan tim Iran vs Arab Saudi di ajang ini selalu digelar di tempat netral sejak 2016.

Tim Arab Saudi pertama yang bertandang ke Iran adalah Al Nassr, tim yang diperkuat Cristiano Ronaldo. Kala itu, Al Nassr menang 2-0 atas Persepolis FC dalam partai pertama Grup E Liga Champions Asia 2023/2024, 20 September lalu.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Pertandingan Liga Champions Asia Batal Digelar Gara-gara Patung, Kok Bisa?”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya