SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Indonesia U-19, Rabbani Tasnim (tengah), berselebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timnas Filipina U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). Indonesia menang dengan skor 5-1. (Antara/ Fakhri Hermansyah)

Solopos.com, SOLO – Persaingan di Grup A Piala AFF U-19 2022 untuk lolos ke babak semifinal tinggal menyisakan tiga tim. Vietnam, Thailand, dan Timnas Indonesia saat ini berada di posisi tiga besar teratas klasemen Grup A Piala AFF U-19. Untuk lolos ke semifinal, Timnas Indonesia cukup mengalahkan Myanmar di laga pamungkas. Begini hitungannya:

Timnas Indonesia baru saja mengalahkan Filipina di Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan skor telak 5-1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/2022) malam WIB. Lima gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak Rabbani Tasnim menit ke-14, 41, dan 49, kemudian Nico Saputro pada menit ke-26, dan Razzaa Fachrezi pada menit ke-70. Sementara itu, gol balasan Filipina dicetak Justin Frias pada menit ke-28.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Timnas Indonesia saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan 8 poin, sedangkan Vietnam ada di peringkat teratas dengan 10 poin diikuti Thailand di posisi kedua juga dengan 10 poin.

Produktivitas gol Timnas Indonesia paling bagus di antara dua pesaingnya yaitu +11, sedangkan Vietnam +9, dan Thailand +6.

Laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022 akan digelar pada Minggu (10/7/2022). Vietnam dan Thailand harus saling bunuh di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada pukul 20.00 WIB. Di sisi lain pada jam yang sama, Timnas Indonesia juag akan menjalai duel hidup mati melawan Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Baca Juga: Klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022: Kans Indonesia Lolos Kian Terbuka 

Apabila Vietnam mengalahkan Thailand maka poin mereka menjadi 13 dan dipastikan lolos ke semifinal. Thailand akan mengemas poin tetap 10. Namun, apabila Thailand yang menang maka poin merekalah yang 13, dan Vietnam tetap 10.

Di sisi lain pada jam yang sama Timnas Indonesia akan menghadapi Myanmar. Apabila Timnas Indonesia menang maka poin mereka menjadi 11. Dengan demikian Timnas Indonesia akan berada di posisi runner up klasemen akhir Grup A Piala AFF U-19 2022 di bawah salah satu pemenang duel Vietnam vs Thailand tersebut.

Bagaimana apabila Vietnam dan Thailand bermain seri? Itu artinya kedua tim akan mengemas poin 11. Apabila Timnas Indonesia menang atas Myanmar maka poin mereka juga 11.

Baca Juga: Joss!, 5 Wakil Indonesia Sudah Lolos ke Semifinal Malaysia Masters 2022

Apabila penentuan peringkat klasemen memakai skema produktivitas gol bukan head to head maka dengan  kondisi itu  Timnas Indonesia justru akan keluar sebagai juara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan poin 11 produktivitas gol juga 11. Sedangkan Vietnam akan berada di posisi kedua klasemen dengan poin 11 dan produktivitas 9 gol. Thailand lah yang akan tersingkir karena mengemas 11 poin tapi produktivitas mereka hanya 6 gol.

Dari sisi head to head Timnas Indonesia tak pernah kalah dari Vietnam mapun Thailand karena menghadapi mereka berakhir dengan skor seri 0-0.

Baca Juga: Vietnam Kalahkan Myanmar 3-1, Kian Nyaman di Grup A Piala AFF U-19 2022

Dengan demikian, satu-satunya cara untuk memastikan Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 hanya harus mengalahkan Myanmar. Namun demikian, meski Myanmar sudah pasti tersingkir dari persaingan di Grup A, justru mereka bisa tampil tanpa beban dan berbahaya bagi Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia tak boleh bermain seri pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 dan harus menang atas Myanmar sehingga otomatis mereka lolos ke babak semifinal (dengan catatan memakai skema produktivitas gol).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya