SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

AMSTERDAM — Belanda memetik kemenangan besar pada laga ujicoba terakhirnya sebelum terjun ke Piala Eropa, dengan menggilas Irlandia Utara 6-0. Sementara Inggris hanya menang tipis 1-0 atas Belgia.

Bertanding di depan pendukungnya sendiri, Amsterdam ArenA, Minggu (3/6/2012) dinihari WIB, Belanda turun dengan kekuatan terbaiknya. Mendominasi pertandingan sejak menit awal, skuad besutan Bert van Marwijk pun bisa menggunduli lawannya enam gol tanpa balas.

Gol pembuka Belanda tercipta di menit 11 dari tandukan Van Persie. Menyongsong umpan silang yang dilepaskan Wesley Sneijder, bola yang diarahkan Van Persie dengan kepalanya bersarang di sudut kanan atas gawang.

Empat menit kemudian skor berubah menjadi 2-0. Tendangan bebas kaki kanan Sneijder menjurus ke sudut kiri bawah gawang dan tak mampu dihalau kiper Lee Camp.

Belanda memperbesar keunggulan menjadi 3-0 menyusul penalti yang diberikan wasit setelah Shane Ferguson dinyatakan bersalah karena menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak penalti. Van Persie dengan sempurna menuntaskan tugasnya menjadi eksekutor sekaligus mencetak gol keduanya dalam laga tersebut.

Sebelum turun minum, Belanda kembali menjebol gawang Irlandia Utara. Mendapat bola sodoran dari Van Persie, tendangan keras Ibrahim Afellay mengubah kedudukan jadi 4-0.

Beberapa perubahan dibuat Belanda saat turun minum, namun itu tak mengurangi ketajaman lini depan mereka. Di menit 51 Afellay kembali membuat pendukung Belanda bersorak setelah sepakannya mengubah skor jadi 5-0.

Pesta gol Belanda ditutup oleh Ron Vlaar di menit 78. Menyambut umpan dari Afellay, tandukan Vlaar mengoyak gawang Irlandia Utara dan memastikan Belandang menang 6-0.

Inggris Menang
Sementara itu menghadapi Belgia di laga ujicoba, The Three Lions meraih kemenangan tipis 1-0 lewat gol tunggal Danny Welbeck. Bermain di Wembley Stadium, Sabtu (2/6/2012) malam WIB, Inggris mendapat peluang di menit kedelapan lewat Oxlade-Chamberlain. Namun ia yang sudah berdiri bebas tak mampu melepaskan tembakan dengan sempurna karena terpeleset.

Inggris membuka keunggulan di menit ke-36 lewat kaki Danny Welbeck. Menerima umpan terobosan dari Ashley Young, Welbeck mengirim bola melambung ke pojok kiri gawang yang tak mampu dijangkau kiper Mignolet.

Inggris kembali memperoleh peluang lewat Steven Gerrard. Tembakan kerasnya dari depan kotak penalti masih membentur pemain belakang Belgia. Bola muntah juga tak mampu dimaksimakan oleh Gerrard karena bola kembali mengenai pemain belakang Belgia.

Memasuki babak kedua, Belgia mencoba untuk membangun serangan ewat Eden Hazard. Tapi Joe Hart tak menemui kesulitan untuk mengamankan gawangnya.

Upaya Belgia untuk menyamakan angka belum membuahkan hasil. Sepakan Guillhaume Gillet di menit ke-78 masih membentur tiang gawang.

Peluang Jermain Defoe di menit ke-82 juga tak mampu menambah keunggulan Inggris. Tembakannya dari sisi kanan masih membentur tiang gawang.

Hingga peluit panjang berbunyi, Inggris tetap mampu mempertahankan keunggulannya dan menutup pertandingan dengan kemenangan 1-0. JIBI/SOLOPOS/Detikcom

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya