SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia (pssi.org)

Solopos.com, SOLO – Timnas Indonesia kembali gagal merengkuh gelar juara Piala AFF. Kerap lolos ke babak final, Tim Garuda harus puas dengan predikat runner up.

Terbaru, Indonesia cuma menjadi runner up di Piala AFF 2020 setelah kalah dari Thailand di babak final dengan agregat 6-2. Pada leg pertama, Asnawi Mangkualam dkk. menyerah dengan skor telak 0-4. Kemudian pada leg kedua, Sabtu (1/1/2022), Indonesia bermain imbang 2-2.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Baca Juga: Imbang 2-2 di Leg Kedua, Indonesia Gagal Juara Piala AFF 2020

Kekalahan itu membuat Indonesia sama sekali belum pernah mencicipi gelar juara Piala AFF yang dulu bernama Piala Tiger. Turnamen antarnegara Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali ini digeber kali pertama pada 1996 silam. Indonesia pun tercatat sebagai tim langganan runner up.

Final Piala AFF 2020 menjadi final keenam bagi Indonesia. Sebelumnya, Indonesia pernah lolos ke babak final Piala AFF edisi 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. Dalam lima edisi itu, Indonesia pun harus puas sebagai juara kedua. Indonesia pun menjadi negara paling banyak meraih gelar juara kedua di Piala AFF.

Meski kembali finis sebagai runner up, banyak pujian datang untuk Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020 kali ini. Hal itu tak terlepas dari racikan taktik Shin Tae-yong. Indonesia mampu menunjukkan permainan ciamik sepanjang turnamen.

Padahal, banyak yang meremehkan Indonesia sebelum turnamen lantaran banyak mengandalkan pemain muda. Bahkan mayoritas pemain Timnas Indonesia kali ini berada di usia 23 tahun ke bawah. Skuad asuhan Shin Tae-yong ini pun diharapkan melejit di turnamen yang akan datang.

Di sisi lain, gelar juara Piala AFF 2020 membuat Thailand menasbihkan diri sebagai negara tersukses di kejuaraan ini. Ini menjadi gelar juara keenam bagi Thailand di Piala AFF. Negeri Gajah Perang menjadi juara pada edisi 1996, 2000, 2002, 2014, 2016, dan 2020.

Baca Juga: Susunan Pemain Final Piala AFF Thailand vs Indonesia: Egy Starter!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya