SOLOPOS.COM - Suasana pertandingan Kesatria Bengawan Solo versus Satya Wacana Salatiga di GOR Sritex Arena Solo, Minggu (28/1/2024). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Kesatria Bengawan Solo melanjutkan tren positifnya di Indonesian Basketball League (IBL) 2024 dengan menumbangkan Satya Wacana Salatiga, 64-55 dalam laga yang digelar di Srtiex Arena Solo, Minggu (28/1/2024). Ini adalah kemenangan kedua Kesatria Bengawan Solo dalam tiga laga. Sekaligus kemenangan dua kali beruntun di rumah sendiri.

Pertandingan ini berjalan alot bagi Kesatria Bengawan Solo, kejar-kejaran poin terjadi di sepanjang kuarter. Satya Wacana yang diisi banyak pemain muda, tampil spartan, sebelum di kuarter keempat, pengalaman para pemain Kesatria Bengawan Solo menjadi pembeda.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Dua pemain Kesatria Bengawan Solo mengemas double-double di laga ini. Kentrell Barkley, bermain 40 menit dengan kontribusi 18 poin, 14 rebound, dua steal, dua block, dan satu assist. Sementara Taylor Johns mencetak sukses mencetak 17 poin dan 17 rebound di laga ini. Dia juga menambahkan enam steal, empat block, dan tiga assist.

Catatan positif bagi Kesatria Bengawan Solo adalah kontribusi dari bangku cadangan. Bench Kesatria Bengawan Solo berkontribusi 13 poin, dipimpin oleh Ferdian Dwi Purwoko dengan enam poin, Andre Rorimpandey mengemas lima poin dan Katon Aji Baskoro dengan dua poin.

Meski begitu, turnover Kesatria Bengawan Solo masih menjadi masalah, dengan 21 turnover sepanjang laga. Catatan ini bahkan lebih buruk dari Satya Wacana yang mengemas 19 turnover.

Satya Wacana meskipun kalah, memiliki distribusi poin yang lebih baik. Tyree Robinson mencetak 20 poin dan tujuh rebound, disusul Isaac Pito Asrat dengan 16 poin, tiga rebound dan tujuh asis. Henry Lakay  mencetak delapan poin, enam rebound, Imanuel Mailensun menyusul dengan tiga poin dan tiga rebound.

Pelatih Efri Meldi, mengapresiasi kerja keras para pemainnya di pertandingan ini. Ia juga menyebut, sudah berpesan kepada para pemainnya untuk mewaspadai serangan Satya Wacana di laga ini.

“Sebelum game saya sudah prediksi dan bilang ke pemain. Pertama Satya Wacana tim muda, dia punya kerja keras yang bagus, agresif semua dan terbukti pertandingan hari ini,” kata Efri Meldi selepas laga.

Sempat tertekan di tiga kuarter awal, Efri Meldi menyebut pertahanan tim lawan begitu kuat. Sehingga dia selalu mengingatkan para pemain untuk tampil lebih tenang dan sabar, terutama saat situasi offence.

“Memang di kuarter keempat saya ubah cara bertahan ke man to man. Karakter anak-anak seperti kemarin (lawan Rajawali Medan) balik lagi. Kami bisa ambil momentum dan kunci 10 poin kalau nggak salah,” jelas dia.

Sementara itu, Taylor Johns memuji performa pemain yang tampil dari bench. Menurutnya, para pemain dari bangku cadangan memberikan kontribusi maksimal di laga tadi. “Saya appreciate pemain lokal kita yang kasih supporter. Dari bench juga, seperti Ferdian yang cukup oke,” jelas dia.  

Di kubu Satya Wacana, Pelatih Jerry Lolowang ini mengapresiasi permainan anak asuhnya di laga ini. Legenda Satya Wacana ini mengatakan pertandingan ini berjalan cukup ketat bagi kedua tim.

“Apapun hasilnya kami percaya itu bagian dari proses kami. Mungkin dalam game ini cukup ketat. Hasilnya memang agak mengecewakan kami karena kami berharap bisa mengambil kemenangan dari game keempat ini,”

“Dengan tidak mengurangi rasa hormat kami kepada KBS, mereka menunjukkan pertarungan yang sangat sengit. Game seru, saya rasa semua menikmati game ini,” kata Jerry Lolowang.

Jerry Lolowang juga kagum dengan dukungan warga Solo di pertandingan ini. Ia juga menyoroti penampilan Kevin Moses, Andre Rorimpandey dan Nuke Tri Saputra yang menyulitkan dua pemain impor Satya Wacana sepanjang laga.

“Saya orang Solo, saya besar di Bhinneka Solo, penonton menunjukkan bahwa publik solo menantikan adanya hiburan atau tim baru yang membawa pertunjukan basket yang bagus. Saya tadi memberi kredit pada perlawanan Kesatria Bengawan Solo, mereka berusaha, meskipun enggak perform seperti biasanya. Pemain mereka juga jauh lebih pengalaman, bagimana Nuke, Moses dan Andre mematikan pemain impor kami dengan segala cara dengan legal tapi ini menunjukkan mereka benar benar fight,” tegasnya.

Pekan depan Kesatria Bengawan Solo masih berlaga di Sritex Arena Rans Sima Bogor pada Minggu (4/2/2024).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya