SOLOPOS.COM - Sejumlah pesepak bola Timnas Spanyol U-17 berlatih di Lapangan Blulukan, Colomadu, Karanganyar, Selasa (7/11/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO–Sejumlah lapangan yang disediakan untuk keperluan Piala Dunia U-17 di Solo sudah mulai dipakai kontestan Grup B untuk latihan.

Kota Solo merupakan satu dari empat daerah digelarnya Piala Dunia U-17 Indonesia 2023, 10 November-2 Desember mendatang. Tiga daerah lainnya meliputi Surabaya, Kabupaten Bandung, dan Jakarta.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Ini merupakan kehormatan bagi Solo. Terlebih, lapangan di Solo yakni Stadion Manahan ditetapkan sebagai venue pertandingan dari babak penyisihan Grup B, babak 16 besar, perempat final, semifinal, perebutan tempat ketiga, dan final Piala Dunia U-17.

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tak menyia-nyiakan kesempatan ini. Setelah resmi ditunjuk sebagai kota penyelenggara Piala Dunia U-17, berbagai persiapan dilakukan Pemkot Solo.

Persiapan utama yang dilakukan mengondisikan lapangan, baik untuk pertandingan maupun untuk latihan.

Selain Stadion Manahan yang dipakai untuk pertandingan, ada sejumlah lapangan di Solo dan sekitar Solo yang digunakan untuk latihan empat tim di Grup B (selama fase grup Piala Dunia U-17).

Lapangan latihan di Solo untuk keperluan Piala Dunia U-17 meliputi Lapangan Kota Barat, Lapangan Blulukan Colomadu (Karanganyar), dan Lapangan UNS Solo.

Lapangan-lapangan tersebut sudah siap dipakai untuk pertandingan maupun latihan peserta Grup B. Sebagai informasi, Grup B dihuni Spanyo, Uzbekistan, Mali, dan Kanada.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surakarta Rini Kusumandari menyampaikan Stadion Manahan yang menjadi lapangan utama di Solo untuk pertandingan Piala Dunia U-17 sudah siap 100%.

“Persiapan Dispora memang menyiapkan lapangan tempat pertandingan sepak bola Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan Solo dan sudah 100% selesai sehingga siap digunakan,” kata Rini Kusumandari dikutip dari Antara, Selasa (7/11/2023).

Terkait tenaga kebersihan, Dispora membagi menjadi tiga sif karena waktu bekerja FIFA dari pagi hingga pukul 24.00 WIB.

“Jika di Stadion Manahan Solo masih ada kekurangan-kekurangan, nanti FIFA atau LOC akan menyampaikan kepada kami. Kami akan menindaklanjuti. Penutupan lapangan sudah selesai dan soal kebersihan rumput dan lainnya Dispora akan tindaklanjuti,” ujarnya.

Lapangan megah kebanggan masyarakat Kota Solo untuk Piala Dunia Stadion Manahan Solo sebanyak 19.000 penonton, itu sudah dikurangi untuk kursi media. Sementara, tim peserta akan menginap di Hotel Alila Solo dan yang mengurus adalah panitia dari FIFA.

Sementara itu, lapangan Piala Dunia U-17 di sekitar Solo yakni Lapangan Blulukan Colomadu, sudah dipakai untuk latihan perdana timnas U-17 Spanyol.

Latihan itu dipimpin oleh pelatih kepala Jose Maria Lana Fernandes dengan membawa 21 pemain. Timnas U-17 Spanyol tiba di Kota Solo, Senin (6/11/2023) petang.

Lapangan Piala Dunia U-17 di Solo, Lapangan Kota Barat, juga sudah digunakan latihan timnas U-17 Uzbekistan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya