SOLOPOS.COM - Pemain dan ofisial tim Jakarta Lavani Allo Bank meluapkan kegembiraan sesuai memastikan diri menjadi juara putaran pertama final four Proliga 2023 di GOR Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (3/3/2023). (Antara/Aji Styawan)

Solopos.com, SEMARANG – Tim bola voli putra Jakarta Lavani Allo Bank memastikan diri menjadi juara putaran pertama final four Proliga 2023 dan berhak atas hadiah uang tunai.

Lavani dipastikan juara putaran pertama seusai mengalahkan Jakarta STIN BIN dengan skor 3-1 (25-23, 25-21, 19-25, 25-22) di GOR Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (3/3/2023).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dengan menjadi juara putaran pertama final four Proliga 2023, Lavani mendapatkan hadiah uang senilai Rp60 juta. Ini merupakan pencapaian kedua Lavani setelah sebelumnya juga mendapat predikat yang sama pada putaran kedua babak reguler

Lavani menjadi satu-satunya tim putra yang selama putaran pertama final four tak terkalahkan.

Pekan lalu di Gresik, tim yang dibina Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini juga mengalahkan Surabaya BIN Samator dengan skor 3-0 (25-20, 25-22, 25-16) dan Jakarta Bhayangkara Presisi dengan skor ketat 3-2 (18-25, 28-26, 16-25, 25-17, 15-13)

Asisten pelatih Lavani, Samsul Jais, mengatakan kemenangan timnya atas STIN BIN karena memiliki lima pemain yang bisa melakukan jump servis.

“Kami mempunyai strategi power servis mantap,” kata Samsul dikutip Antara, Jumat.

Menurutnya, pada dua set awal performa Dio Zulfikri dan kawan-kawan di laga final four Proliga 2023 melawan STIN BIN sangat baik. Namun, pada set ketiga pertahanan Lavani kedodoran. Padahal, STIN BIN turun tanpa dua pemain asingnya.

Beruntung, lanjut Samsul, pada set keempat mampu bangkit sekaligus memenangi pertandingan. “Mental pemain LavAni bagus,” ujar Samsul.

Sementara itu, kapten tim Lavani, Dio Zulfikri, mengatakan mental menjadi faktor penting dalam pertandingan melawan STIN BIN.

“Meskipun pada set ketiga, kami banyak melakukan kesalahan sendiri,” ujarnya.

Di sisi lain, asisten pelatih STIN BIN, Agus Jumaedi, mengatakan timnya selalu lemah dalam penyelesaian akhir. Hal tersebut juga diamini kapten tim STIN BIN, Farhan Halim.

“Kami lemah di dalam penyelesaian akhir. Angka sudah di atas 20 kemudian tertinggal,” pungkas Farhan Halim.

STIN BIN di Semarang akan menghadapi laga lainnya yakni melawan Jakarta Bhayangkara Presisi pada Sabtu(4/3/2023). Sedangkan Lavani berjumpa Surabaya BIN Samator pada Minggu (5/2/2023).

 Klasemen sementara final four Proliga 2023 putra:

1. Jakarta Lavani Allo Bank: tanding (3), menang (3), kalah (0), poin (8)

2. Jakarta STIN BIN: tanding (3), menang (2), kalah (1), poin (5)

3. Jakarta Bhayangkara Presisi: tanding (3), menang (1), kalah (2), poin (5)

4. Surabaya BIN Samator: tanding (3), menang (0), kalah (3), poin (0)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya