SOLOPOS.COM - Charles Leclerc (Tangkapan layar video dari Twitter @F1)

Solopos.com, JAKARTA – Pembalap Charles Leclerc mengakui Ferrari harus mengatur ulang target mereka di Formula 1 (F1) musim 2023 setelah mengalami awal musim yang sulit di beberapa balapan pertama.

Leclerc mengatakan target awal tim adalah membawa pulang titel juara dunia F1 pada tahun ini, namun harapan itu dinilai tidak terlalu realistis jika melihat performa mereka yang kurang maksimal musim ini.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

“Sebelum balapan pertama, targetnya adalah melakukan langkah yang lebih baik dibandingkan tahun lalu, yaitu memenangkan kejuaraan dunia,” ungkap Leclerc, dikutip dari laman resmi F1, Rabu (16/8/2023).

“Jika kita melihat paruh pertama tahun ini, kita sangat jauh dari harapan sebelum musim (2023). Jadi, di sisi lain, segera setelah kami memahami (hal tersebut), kami mengatur ulang (target) dan ada reaksi yang luar biasa dari tim,” ujar dia.

Reaksi yang dimaksud oleh pembalap asal Monako tersebut antara lain tim segera melakukan upaya peningkatan pada mobil demi meningkatkan performa mereka di balapan-balapan berikutnya.

“Jadi, bagaimanapun juga, bagus untuk menyelesaikan bagian pertama musim ini dengan catatan positif dan sekarang kami akan memanfaatkan waktu libur musim panas untuk mencoba menganalisis dua balapan terakhir itu (GP Hungaria dan Belgia), dan semoga bisa memaksimalkan paket di semua balapan untuk paruh kedua musim ini,” kata Leclerc.

Sementara itu, Bos Tim Ferrari Fred Vasseur mengatakan tim hanya perlu sedikit waktu untuk mulai menjadi lebih kompetitif dan menjadi salah satu pesaing terbesar musim ini dalam perebutan gelar juara dunia.

Ferrari memiliki awal yang bagus di bawah peraturan teknis baru yang dirombak yang diperkenalkan pada awal musim 2022, saat Leclerc memenangkan dua dari tiga balapan pertama di Bahrain dan Australia.

Namun, dengan Red Bull yang sekarang membuktikan kompetensinya, serta rival lainnya seperti Mercedes, McLaren, dan Aston Martin yang semuanya menawarkan peningkatan, Ferrari berada dalam posisi yang cukup menantang di klasemen sementara untuk konstruktor.

Namun, Vasseur tahu Ferrari harus terus maju jika ingin mulai berjuang untuk meraih kemenangan yang sebelumnya menjadi target utama mereka.

“Jika kita melihat McLaren, (di Hungaria) mereka berada di puncak, (di Belgia) mereka berada di bawah, dan sebaliknya bagi kami. Artinya kami harus terus mengembangkan mobil, terus memperhatikan detailnya,” ujar Vasseur.

Sementara itu, F1 kini masih berada di jeda musim panas. Putaran ke-14 musim ini akan bergulir di Sirkuit Zandvoort, Belanda, pada 25-27 Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya