SOLOPOS.COM - Leonardo Medina (PT LIB)

Solopos.com, SOLO — Leonardo Medina resmi diistirahatkan sementara oleh Persis Solo untuk dua laga sebelum Liga 1 istirahat panjang hingga Februari 2024 karena ada agenda Piala Asia 2023.

Laskar Sambernyawa menunjuk caretaker Tithan Wulung Suryata untuk memimpin tim saat melawan Persebaya Surabaya Rabu (13/12/2023) dan Dewa United Minggu (17/12/2023).

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Tithan adalah salah satu asisten pelatih Medina selain Josep ‘Coco’ Ferre (Spanyol), Felipe Chavez (pelatih fisik) dan Eddy Harto (pelatih kiper).

Leonardo Medina sebelumya berpengalaman menjadi asisten pelatih dari Benjamin Mora bersama klub juara Liga Malaysia, Johor Darul Takzim.

Bersama klub berjuluk Harimau Selatan tersebut, Leonardo Medina meraih tiga gelar juara Liga Malaysia, empat juara Malaysia Supercup dan satu kali juara Piala Malaysia.

Dikutip dari laman Transfermarkt, Leonardo Medina juga sempat menjadi Direktur Olahraga Real Zamora, Direktur Akademi Monarcas Morelia hingga asisten pelatih Tiburones Rojas.

Di awal kariernya, pria kelahiran Mexico City, 30 Oktober 1970 ini menjadi direktur akademi dari dua klub papan atas Meksiko, Puebla FC sebelum pindah ke Monterrey.

Bergabung bersama Persis Solo sejak 6 Desember 2022, Leonardo Medina mencatatkan debutnya dengan mengalahkan Rans FC 6-1.

Musim lalu, Leonardo Medina membawa Persis Solo finish di peringkat ke-10 klasemen dengan 44 poin.

Bersama Persis Solo, Leonardo Medina memiliki catatan 12 menang, 11 imbang dan 12 kalah dari 35 pertandingan di Liga 1 2022/2023.

Dengan agregat gol 59 memasukkan dan 56 kali kemasukan. Secara akumulasi, Persis Solo di bawah Leonardo Medina total mengemas 47 poin atau rata-rata 1,34 poin per pertandingan.

Musim ini, Persis Solo terdampar di peringkat ke-15 klasemen atau hanya satu strip di atas zona degradasi dengan 24 poin dari 20 pertandingan.

Kekalahan terakhir dari Arema FC 3-1 memperpanjang rekor Leonardo Medina yang tidak pernah menang melawan Singo Edan dengan catatan empat kali bertemu, dua kali imbang dan dua kali kalah.

Dalam statement yang diumumkan klub pada Selasa (12/12/2023), keputusan mengganti Leonardo Medina merupakan hasil evaluasi setelah kekalahan melawan Arema FC.

“Pasca laga kontra Arema FC pada Sabtu, (9/12/2023), Persis Solo mengambil keputusan untuk mengevaluasi tim kepelatihan Persis Solo. Keputusan tersebut diambil, berdasarkan evaluasi kinerja dan catatan performa klub dalam beberapa laga terakhir. Sebagai gantinya, klub akan menunjuk Tithan Wulung Suryata sebagai caretaker, setidaknya hingga dua laga ke depan kontra Persebaya Surabaya, Rabu, (13/12/2023) dan Dewa United, Minggu (17/12/2023),” bunyi pernyataan resmi klub.

Pihak klub berharap, dengan ditunjuknya Tithan Wulung Suryata, bisa mengembalikan Persis Solo menjadi solusi untuk mengembalikan Laskar Sambernyawa kembali ke jalur kemenangan.

“Klub akan mendukung penuh dan menaruh kepercayaan kepada Tithan Wulung Suryata sebagai caretaker, dan berharap semua elemen bisa bersinergi untuk memberikan dukungan terbaik kepada klub pada momen transisi ini. Semoga keputusan ini bisa segera mengembalikan Persis Solo pada jalur kejayaan,” lanjut pernyataan klub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya