SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Liga Champions lanjutan babak grup akan berhadapan Barcelona Vs Bayer Leverkusen. Barca buktikan bukan messidependencia

Solopos.com, BARCELONA— Barcelona harus membuktikan masih bisa hidup tanpa mega bintang mereka, Lionel Messi, dalam kurun waktu sekitar dua bulan ke depan. Hal itu akan dimulai ketika raksasa Catalan menjamu Bayer Leverkusen pada laga kedua Grup E Liga Champions di Camp Nou, Barcelona, Rabu (30/9/2015) pukul 01.45 WIB.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Bomber asal Argentina itu menderita cedera putus ligamen kolateral internal pada lutut kirinya ketika tampil beberapa menit melawan Las Palmas di Liga Primera, Sabtu (26/9/2015). Untuk itu, Barcelona harus berani membuktikan sebagai tim yang tak bergantung pada sosok Messi, alias Messidependencia, ketika menjamu Leverkusen.

Pantas diakui, Messi merupakan jimat bagi kesuksesan Barcelona selama ini. Tapi raksasa Catalan tidak perlu berkecil hati karena mereka masih memiliki sederet bomber berkualitas, termasuk dua partner Messi, Luis Suarez dan Neymar. Arsitek Barcelona, Luis Enrique, pun siap menerima tantangan tanpa bintang yang disebutnya tak tergantikan itu.

“Pemain seperti Messi tidak tergantikan. Di pramusim kami menjalani beberapa laga tanpa Messi dan Neymar. Rencana kami adalah tetap mempertahankan gaya bermain kami namun dengan pemain lain. Ini sebuah tantangan untuk kompetitif di level kami  tanpa pemain terbaik di dunia. Mencari pengganti sepantaran Leo [sapaan Messi] adalah sesuatu yang mustahil. Saya paham itu. Neymar harus tetap menjadi  Neymar,  begitu juga dengan Luis Suarez harus tetap jadi Luis Suarez.  Mereka semua melangkah ke depan,” ujar Enrique, seperti dilansir as.com, Senin (28/9/2015).

Kehilangan Messi bukan sesuatu yang menakutkan bagi Barcelona. Fakta menunjukkan, tim Blaugrana itu masih mengantongi rekor impresif ketika tidak ada nama penyerang berjuluk La Pulga itu dalam skuat mereka. Seperti dilansir as.com,  sejak 2006/2007, Barcelona meraup 69% kemenangan, 19% imbang, dan 12% kalah dalam sembilan tahun terakhir dengan rata-rata 0,8 gol per laga bersama Messi. Sementara ketika tidak diperkuat Messi, persentase hasil Barcelona nyatanya tak menurun drastis dengan meraup 65% kemenangan, 19% imbang, dan 15% kalah dengan rata-rata 0,7 gol per laga.

Enrique bisa memasang penyerang remaja Munir El Haddadi atau Sandro Ramirez sebagai pelengkap Suarez dan Neymar di lini depan dengan tetap mempertahankan skema andalan 4-3-3. Selain menempatkan Munir atau Sandro di penyerang kanan, opsi lainnya Enrique bisa menarik gelandang Andre Iniesta  ke depan sebagai penyerang sayap kiri, Suarez di sentral, sementara Neymar digeser ke kanan.

Tim juara bertahan Liga Champions itu mengincar kemenangan pertama mereka di level Eropa setelah hanya bermain 1-1 di markas AS Roma pada partai pembuka Grup E. Sementara Leverkusen telah mengantongi tiga poin dengan menghancurkan BATE 4-1 di pertandingan pertama mereka.

Leverkusen bisa bernapas lega karena bertemu Barca tanpa Messi. La Pulga benar-benar menjadi momok bagi tim asal Jerman itu pada babak 16 besar Liga Champions 2012 lalu. Tak tanggung-tanggung, gawang Leverkusen dibobol lima kali oleh Messi dan membuat mereka menelan kekalahan 1-7 dalam kunjungan terakhir ke Camp Nou.

“Tentu absennya dia bisa memberi pengaruh buat kami,” jelas penyerang Leverkusen, Javier “Chicharito” Hernandez, yang pernah mengenakan kostum Real Madrid.

Pelatih Leverkusen, Roger Schmidt, meninggalkan winger Kevin Kampl, Chocharito, dan spesialis algojo tendangan bebas Hakan Calhanoglu dari line-up timnya ketika menundukkan Weder Bremen 3-0 di Bundesliga, Sabtu lalu. Namun, Kampl yang turun dari bangku cadangan menyumbang gol ketiga timnya.  “Kami akan kerahkan segalanya di Barcelona,” ujar Kampl, seperti dilansir sports.yahoo.com. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)
 
Barcelona Vs Bayer Leverkusen
– Live RCTI, Rabu (30/9) Pukul 01.45 WIB
– Stadion: Camp Nou (Barcelona)
– Wasit: Martin Atkinson (Inggris)
 
Barcelona (4-3-3) Pelatih: Luis Enrique (Spanyol)
Ter Stegen
Alves, Pique, Mathieu, Alba
Rakitic, Busquets, Iniesta
Munir, Suarez, Neymar
Cadangan: Mascherano, Bartra, Sergi Roberto, Adriano, Sandro Ramorez, Jordi Masip, Gerard Gumbau
 
Bayer Leverkusen (4-4-2) Pelatih: Roger Schmidt (Jerman)
Leno
Donati, Tah, Papadopoulos, Boenisch
Mehmedi, Bender, Kramer, Brandt
Bellarabi, Kiessling
Cadangan: Kampl, Calhanoglu, Hernandez, Wendell, Kresic, Frey,
Andre Ramalho
 
Tiga Pertemuan Terakhir
08/03/2012         Liga Champions Barcelona            7 – 1       Bayer Leverkusen           
15/02/2012         Liga Champions Bayer Leverkusen            1 – 3       Barcelona           
11/03/2003         Liga Champions Barcelona            2 – 0       Bayer Leverkusen
 
Sumber: barcablaugranes.com/soccerway.com. (hkt/JIBI)

Pemain Leverkusen Javier

Pemain Leverkusen Javier “Chicharito” Hernandez dkk sedang berlatih di Camp Nou. JIBI/Rtr/Sergio Per

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya