SOLOPOS.COM - Ilham Udin Armaiyn (Liputan6.com)

Liga Desa Indonesia 2015 siap digelar. Ada 30 provinsi di Indonesia yang dipastikan ikut serta.

Solopos.com, JAKARTA — Badan Sepak Bola Rakyat Indonesia (Basri) mengklaim 30 provinsi dipastikan ikut serta dalam Liga Desa Indonesia 2015 yang memperebutkan Piala Menpora. Liga sepak bola itu akan digelar di Belitung Timur, 4 Agustus mendatang.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Sebagaimana diberitakan Kantor Berita Antara, Senin (27/7/2015), menurut Ketua Umum Basri, Eddy Sofyan, sudah ada 30 provinsi di Indonesia yang siap berlaga di Liga Desa Indonesia 2015. “Memang benar, sudah ada 30 provinsi yang telah menyatakan kesiapannya. Bahkan beberapa tim sudah berangkat dan transit sementara di Jakarta,” kata Eddy Sofyan.

Menurut Eddy, tim yang sudah berangkat dan akan transit di Jakarta sebelum bertolak ke Belitung Timur adalah Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. “Semua tim dari timur akan transit di Jakarta. Kami telah menjemput tim Maluku Utara. Persiapan Liga Desa Indonesia 2015 sudah berjalan dengan baik,” tambah Eddy Sofyan.

Eddy Sofyan berharap empat provinsi yang belum mengirimkan timnya segera membuat keputusan. Empat provinsi yang belum menyatakan kesiapannya di Liga Desa Indonesia 2015 adalah Sulawesi Barat, Yogyakarta, Maluku dan Kalimantan Tengah.

Terkendala Anggaran

Keempat provinsi tersebut, hingga saat ini masih terkendala anggaran. Padahal semuanya telah mempersiapkan diri termasuk dalam menentukan pemain dan ofisial yang akan diberangkatkan ke Belitung Timur. “Kami akan tunggu hingga Selasa (28/7/2015). Kami berharap 34 provinsi di Indonesia bisa mengirimkan wakilanya. NTT yang sebelumnya belum siap malah telah menyatakan berangkat,” kata Eddy menegaskan.

Liga Desa Indonesia 2015 yang akan memperebutkan Piala Menpora itu akan menggunakan format kejuaraan sepak bola Piala Dunia. Tim yang ada akan terbagi dalam delapan grup. Dua klub teratas dalam babak penyisihan akan lolos ke babak kedua dengan menggunakan sistem gugur hingga final.

Masing-masing klub di Liga Desa 2015 akan diperkuat oleh pemain di bawah usia 23 tahun. Hanya saja pihak panitia memberikan kelonggaran dengan memperbolehkan tim menggunakan jasa tiga pemain yang usianya di atas 23 tahun.

Tidak hanya itu, Basri selaku penyelenggara Liga Desa Indonesia 2015 juga memperbolehkan klub diperkuat pemain yang sudah bermain di klub level profesional hingga Timnas Indonesia sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan. “Pemain Timnas U-23, Ilham Udin Armaiyn, dikabarkan juga akan memperkuat tim Maluku Utara, yang jelas sebelum bertanding kami akan melakukan verifikasi terhadap pemain yang turun pada kejuaraan nanti,” pungkas Eddy Sofyan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya