SOLOPOS.COM - Suasana konferensi pers terkait penyelenggaraan Liga Esports Nasional 2023 yang digelar secara virtual, Selasa (27/6/2023). (Istimewa/PB ESI)

Solopos.com, SOLO – Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) dan Garudaku sebagai operator resmi meluncurkan Liga Esports Nasional 2023 dengan hadiah Rp3 miliar di Kantor Pusat PBESI, Gandaria Office Tower Lt 26 pada Selasa (27/6/2023) sore.

Liga Esports Nasional merupakan liga terbuka yang menjadi komitmen PB ESI dan Garudaku untuk menggapai prestasi dan konsistensi sistem pembinaan.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Sistem Liga Esports Nasional terdiri dari sejumlah tingkatan yakni dari Liga 3, Liga 2, dan Liga 1 Esports Nasional. PBESI dan Garudaku mengatur semua bentuk kompetisi, serta format, linimasa, dan peserta liga.

Ketua Harian PBESI Komjen Pol Bambang Sunarwibowo mengatakan Liga Esports Nasional 2023 adalah bentuk komitmen dan keseriusan Garudaku yang didukung penuh oleh PBESI. Menurutnya PBESI berkomitmen dalam mengembangkan, memajukan dan menguatkan kompetensi esports Indonesia untuk dapat mencapai prestasi setinggi-tingginya dan menjadi negara terdepan di kanca esports internasional.

Sehingga Liga Esports Nasional 2023 dipersiapkan untuk misi jangka panjang sebagai bagian dari pembinaan strategis PBESI dalam terus meningkatkan kompetensi pelatih serta atlet nasional berkompetensi dunia.

“Sistem Liga Esports Nasional mempunyai format hirarki dengan promosi dan degradasi liga pada tingkat yang tidak sama. Seluruh liga terdapat sistem promosi dan degradasi. Tim yang sukses di liga dapat naik lebih tinggi dalam piramida, sementara yang berada di posisi terbawah dapat terdegradasi lebih rendah lagi,” kata dia dalam jumpa pers secara virtual yang diikuti Solopos.com, Selasa (27/6/2023).

Ia menambahkan penyelenggara mengusung tajuk LiganyaIndonesia dengan 3 konsep utama yaitu terbuka, tersebar, dan tertata. Konsep ini terbuka untuk seluruh pecinta esports di tanah air dengan format hierarki adanya promosi dan degradasi, tersebar ke seluruh pelosok tanah air, dan dikelola secara profesional, dan transparan, dengan titik berat pengembangan esports Indonesia, dan memajukan kesejahteraan masyarakat.

Mobile Legends Bang Bang akan menjadi gim yang dipertandingkan di dalam Liga Esports Nasional untuk di tahun 2023. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk gim lain yang dipertandingkan di tahun tahun kompetisi berikutnya.

Sementara itu COO Garudaku Ricky Setiawan mengatakan Liga Esports Nasional sebagai liga resmi dari PBESI yang terbuka untuk semua masyarakat di Indonesia. Tim esports yang mengikuti tidak hanya berkompetisi tapi juga mendapatkan edukasi untuk pengelolaan baik secara manajerial dan bisnis di dalam tim nya.

Liga 1 Esports Nasional akan digelar di 5 kota besar di Indonesia, dan dilakukan secara luring, dibagi menjadi 2 babak. Babak pertama adalah group stage dengan jumlah peserta 16 tim yang bertanding dan dilakukan dengan format series di 5 Kota. Babak kedua adalah playoff dimana akan ada 6 tim terbaik yang lolos ke babak ini. Sementara Liga 2 dan Liga 3 akan berlangsung secara daring dari studio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya