SOLOPOS.COM - Pemain Manchester United, Henrikh Mkhitaryan. (Reuters / Phil Noble)

Liga Europa diwarnai dengan aksi cemerlang Henrikh Mkhitaryan.

Solopos.com, LUHANSK — Awan gelap sepertinya mulai berlalu dari sosok Henrikh Mkhitaryan. Pemain asal Armenia itu tampil luar biasa dengan mencetak gol saat Manchester United (MU) melumat Zorya 2-0 di Stadion Chornomorets, Jumat (9/12/2016) dini hari WIB.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Gol perdananya bagi Setan Merah itu sekaligus mengantarkan tim lolos ke babak 32 besar Liga Europa. Pujian pun langsung mengalir bagi pemain yang didatangkan United dari Borussia Dortmund Juli lalu. Maklum saja, winger 27 tahun itu sempat mengalami masa sulit saat awal bergabung dengan tim lantaran cedera.

Penampilan buruknya ketika Derby Manchester September 2016 lalu membuat sang pemain tersingkir dari tim utama. Mkhitaryan baru kembali menjadi starter saat MU ditahan imbang Everton pekan lalu.

Saat kembali dipercaya masuk tim utama saat MU melawan Zorya, Mkhitaryan langsung membayar lunas dengan penampilan ciamik dan gol indah. Sang winger mencetak gol dengan solo run dari tengah lapangan dan diakhiri penyelesaian dingin. Gol Mkitaryan di menit ke-48 itu menjadi pemecah kebuntuan MU yang kesulitan mencetak gol di babak pertama.

“Dia punya mental yang kuat. Dia melawan adaptasinya yang sulit dan dia melakukannya dengan cara terbaik,” puji pelatih MU, Jose Mourinho, seperti dilansir Daily Mail, Jumat.

Mourinho mengaku telah mengetahui kualitas Mkhitaryan sehingga memutuskan memboyongnya musim ini. “Dia bermain bagus di Liga Premier, Liga Europa dan Piala Liga. Gol itu tentu menambah kebahagiaannya,” ucap Mou.

Rekan satu tim, Zlatan Ibrahimovic, juga memuji gol Heno, julukan Mkhitaryan, di laga melawan Zorya. Ibra menilai rekannya itu sedikit demi sedikit telah menunjukkan kualitasnya. Dia berharap Mkhitaryan dapat mempertahankan performa itu.

“Gol pertama sangat luar biasa. Dia berlari dengan kecepatan tinggi. Dia juga punya kontrol dan timing untuk melewatkan bola di antara kedua kaki lawan, amat indah,” ujarnya kepada MUTV.

Sementara itu Mkhitaryan mengaku lega dapat mencetak gol perdana di penampilan ke-11 bersama Setan Merah. Dia menyebut gol itu seperti melepas beban berat di pundaknya. “Saya sudah menantikan gol ini,” ujarnya.

Dia berharap bisa giliran mencetak gol di Old Trafford, kandang MU. “Sebuah kehormatan untuk mencetak gol di Old Trafford dan saya akan melakukannya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya